• Jelajahi

    Copyright © Progresif.id - Berita Inspiratif
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Gentong Geulis, Awalnya Jamu untuk Konsumsi Keluarga yang Kini Mendunia

    Selasa, 19 Juli 2022


    Progresif.id
    - Awalnya sekedar membuat jamu tradisional rumahan untuk menjaga imun keluarga di tengah wabah Pandemi Covid-19, ternyata jamu yang diracik Ita Sumanti asal Plered, Purwakarta, Jawa Barat ini berubah jadi bisnis besar saat ini.


    Ita Sumanti.


    Di tengah pandemi, di awal tahun 2020, semua lini perekonomian terjun bebas, tak terkecuali bagi Ita Sumanti, sebab wabah yang saat itu mendunia menjadi momok menakutkan yang menghambat semua aktivitas saat itu, sehingga ibu dua anak ini menciptakan jamu kesehatan dari rempah-rempah, sebagai upaya meningkatkan imun tubuh pencegah wabah.


    Selain keluarganya yang mengkonsumsi jamu tersebut, wanita kelahiran Jakarta 3 Januari 1974 ini mencoba menawarkan jamu tersebut ke tetangga dan kerabat, alhasil mendapat respon positif, sehingga Ita Sumanti melihat keberhasilannya meracik jamu ini sebagai peluang bisnis baru di tengah ancaman wabah virus.


    Selain dia sendiri, produksi rumahan jamu ini melibatkan keluarga dan menjadi bisnis keluarga bersama. Wanita yang punya hobi 'traveling' ini memberi nama produk jamu racikannya ini Gentong Geulis, nama Gentong Geulis diambil dari usaha gerabah yang berlokasi di Jakarta.


    "Saya berharap keluarga bisa sukses bareng di wirausaha ini," kata Ita, saat ditemui di kediamannya, Senin (18/7/2022) siang.



    Diakuinya, supaya jamu yang diproduksinya bisa diminum semua usia, maka dibuatlah beberapa varian, diantaranya Rempah Mix Extra, Rempah Jahe, Jahe Susu dan Temulawak Mix, semua jamunya ini memiliki rasa manis tanpa ampas.


    "Alhamdulillah, Gentong Geulis sudah tersedia di supermarket juga 'e-commerce' di semua 'online shop', meski belum semua kita jangkau, tapi pelan-pelan kita pasarkan, pemasaran keluar negeri sudah berjalan melalui 'resellers'," jelasnya.


    Dia menyebutkan, selain dalam negeri, Gentong Geulis sudah menyebar di beberapa negara melalui 'resellers', diantaranya Negara Singapore, Malaysia, Cina, Australia hingga Amerika Serikat.  


    Minuman Herbal Warisan Leluhur


    Gentong Geulis merupakan brand dari PT Gentong Geulis Gemilang, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang membangun dan menghidupkan kembali warisan leluhur, melalui kemitraan dengan para petani dan jamu artisan. Hingga kini, Gentong Geulis menghadirkan produk premium dan 'ready stock' ke pasar nasional dan internasional.


    Gentong Geulis menyediakan minuman herbal terbaik dengan pengalaman yang menyenangkan bagi peminumnya. Gentong Geulis melanjutkan tren minuman herbal bagian dari 'life style' yang dapat meningkatkan imun tubuh dan mengubah cara pandang jamu itu pasti pahit, justru jamu Gentong Geulis punya cita rasa manis yang cocok dikonsumsi untuk semua usia.


    Varian Rasa


    Gentong Geulis telah membuat, menjual dan mendistribusikan minuman herbal khas Indonesia dengan rasa yang sangat enak, berbahan natural yang dapat dikonsumis setiap hari.



    Selain itu, menyeimbangkan 'mind, body' dan 'spirit' bagi siapapun yang meminumnya. Gentong Geulis telah berhasil menciptakan produk minuman kesehatan yang bersumber dari bahan-bahan lokal yang sudah dikenal masyarakat memiliki khasiat bagi kesehatan.


    Jamu Gentong Geulis ini 100 persen terbuat dari rempah-rempah alami, jamu kekinian ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh, jamu penuh cita rasa ini juga menjadi gaya hidup baru masyarakat saat ini, menyehatkan dan menyegarkan, terlebih jamu ini rasanya enak menyegarkan tanpa ampas.


    Kompisisi unik Rempah Mix Ektra dalam sekali minum, akan terasa di lidah paduan rempah-rempah jahe merah, temulawak, kunyit, sereh, cengkeh dan kayu manis. 


    Diketahui, rempah-rempah itu memiliki khasiat luar biasa bagi tubuh, sehingga penikmat jamu ini akan merasakan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.


    Varian kemasan Rempah Mix Ektra minuman herbal kekinian ini diproduksi secara tradisional, 'homemade', higienis di ruang bersih khusus dengan memperhatikan jaminan keamanan pangan tanpa bahan pengawet, 100 persen alami dengan rasa manis dan segar.


    Manfaat rempah mix ini diantaranya, meningkatkan imun tubuh dan menambah energi, mengobati nyeri lambung, mengatasi kram perut bagi wanita menstruasi dan memulihkan kesehatan pasca melahirkan.


    Rempah mix ini yang mengandung temulawak ini bersifat anti bakterial, bisa menetralkan racun dan menurunkan kolesterol.


    Sedangkan, sereh dapat meredakan sakit tenggorokan, sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan bersifat analgesik untuk meredakan sakit kepala.


    Kemudian, pada varian kemasan Rempah Jahe yang terdiri dari jahe merah, sereh, cengkeh kayumanis dan gula ini, memiliki khasiat meningkatkan daya taham tubuh, memperlancar sirkulasi dari, mengatasi masalah lambung dan pencernaan.


    Selain itu, menghancurkan lemak jahat yang ada di dalam tubuh, meredakan radang tenggorokan dan tentunya menambah energi, jamu ini memiliki sifat analgesik, antiseptik dan antimikroba, di jamu ini kandungan cengkehnya dapat melindungi fungsi hati.


    Untuk varian rasa Jahe Susu, terdiri dari jahe merah, sereh, cengkeh, kayumanis, gula ditambah krimer, bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar sirkulasi darah.


    Manfaat lainnya yaitu, mengatasi masalah lambung dan pencernaan, menghancurkan lemak jahat, meredakan radang tenggorokan, mengandung serat tinggi oligosakarida, juga memiliki sifat analgesik, antiseptik dan antimikroba.


    Sedangkan varian Temulawak Mix, terdiri dari temulawak, sereh, cengkeh, kayumanis dan gula, mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menetralisir racung, menghilangkan nyeri, bersifat antibakteri juga menurunkan kolesterol dan menurunkan lemak pada darah.


    Ingin tahu lebih produk Gentong Geulis?! 

    Follow instagram @Gentonggeulis.id !



    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Rasulullah SAW bersabda ” Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi).

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +