Iklan

Cegah Covid-19, Orangtua Harus Jadi Contoh Bagi Anak

Minggu, 12 April 2020
JAKARTA - Pandemi Covid-19 saat ini merupakan krisis kesehatan global dan anak-anak adalah salah satu dari kelompok rentan yang terancam kehidupannya.

Dilansir dari Pusat Informasi Covid-19, Sabtu (11/4/2020), Spesialis Komunikasi Perubahan Perilaku UNICEF, Rizky Ika Syafitri mengatakan, anak-anak adalah masa depan bangsa, sangat penting bagi para orang tua dan orang dewasa untuk tetap memperhatikan dan menjaga hak anak-anak, khususnya di masa sulit pandemi covid-19 saat ini.

Peran anak-anak sebagai agen perubahan sangat penting untuk dikembangkan dengan saling memberikan contoh yang baik bagi teman-temannya berdasarkan dari apa yang mereka lihat dari orang dewasa.

Kata Rizky, orang tua harus menjadi contoh dan role model yang baik bagi anak-anak, perilaku sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta menggunakan masker yang dilakukan oleh para orang tua dan orang dewasa dapat dicontoh oleh anak-anak untuk melakukan hal yang sama, sebagai bentuk pencegahan penularan Covid-19.

"Yang terpenting adalah untuk tetap baik dan menjaga solidaritas, menjadi contoh yang baik bagi anak-anak dapat memberikan kekuatan pada masa yang sulit ini," kata Rizky. (rls/spn)
Kolom netizen

Buka kolom netizen

Lentera Islam


 "Dari Anas bin Malik RA, ia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa menjadikan akhirat tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kekayaannya di dalam hatinya. Dia akan mengumpulkan segala urusannya yang tercerai berai, dan dunia datang padanya dalam keadaan hina. Dan barang siapa menjadikan dunia tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kefakiran berada di depan matanya. Dia akan mencerai-beraikan segala urusannya yang menyatu, dan tidak datang kepadanya dari dunia kecuali sekadar yang telah ditakdirkan baginya." (HR. Tirmidzi)

Berita Terbaru