Iklan

Biaya Pengobatan Pasien Covid-19 Ditanggung Pemerintah

Minggu, 12 April 2020
JAKARTA - Biaya pengobatan pasien Covid-19 akan ditanggung oleh pemerintah. Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani menjelaskan, tidak hanya saat pengobatan, biaya pemulasaran jenasah yang terinfeksi Covid-19 juga akan ditanggung.

Dikatakan Sri Mulyani, saat ini seluruh Kementerian/Lembaga Pusat maupun Daerah serta BUMN telah merealokasi anggaran untuk memprioritaskan penanganan Covid-19 di Indonesia.

Dilansir katadata.co.id, Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani, Rabu (8/4/2020) menyampaikan, untuk mekanismenya, rumah sakit akan mengusulkan biaya penanganan pasien kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"BPJS Kesehatan akan memverifikasi usulan rumah sakit," ucapnya.

Kementerian Kesehatan kemudian akan mencairkan langsung 50% klaim rumah sakit, sementara sisanya dikucurkan setelah BPJS Kesehatan melakukan verifikas.

"Setelah disetujui oleh BPJS Kesehatan maka sisanya dalam beberapa hari akan dicairkan oleh Kementerian Kesehatan," ujarnya.

Sementara itu, data yang dilansir dari Pusat Informasi Covid-19 Indonesia, hingga Sabtu (11/4/2020) pukul 12.00 WIB, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia menjadi 3.842 kasus, sebanyak 286 pasien sembuh dan 327 pasien meninggal dunia. (rls/spn)
Kolom netizen

Buka kolom netizen

Lentera Islam


 "Dari Anas bin Malik RA, ia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa menjadikan akhirat tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kekayaannya di dalam hatinya. Dia akan mengumpulkan segala urusannya yang tercerai berai, dan dunia datang padanya dalam keadaan hina. Dan barang siapa menjadikan dunia tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kefakiran berada di depan matanya. Dia akan mencerai-beraikan segala urusannya yang menyatu, dan tidak datang kepadanya dari dunia kecuali sekadar yang telah ditakdirkan baginya." (HR. Tirmidzi)

Berita Terbaru