• Jelajahi

    Copyright © Progresif.id - Berita Inspiratif
    Berita aktual tepercaya

    Iklan




    Mal Galuh Mas Bantu UMKM Hidup di Masa Pandemi

    Minggu, 28 Maret 2021


    KARAWANG, Progresif.id
    - Mal Galuh Mas Karawang, Jawa Barat membuka galeri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di lantai 2 dan lantai 3 Festive Walk, galeri resmi dibuka Jum'at (26/3/2021) oleh Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh, galeri UMKM ini untuk membantu ekonomi masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.


    Property Manager Mal Galuh Mas Karawang, Rizki Setiawan menyebutkan, sementara ini ada 40 UMKM yang membuka gerai di area mal dengan luas lokasi kurang lebih 500 meter persegi. UMKM ini terdiri dari usaha makanan, kerajinan tangan termasuk pakaian. 


    Selain mendorong pemulihan ekonomi di tengah pandemi, galeri UMKM ini juga sebagai wadah para pelaku usaha kecil di Kabupaten Karawang, supaya produknya bisa dipasarkan lebih luas, bahkan bisa 'go international'.


    Kata Rizki, galeri UMKM ini juga sejalan dengan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang digagas oleh Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia. 


    Gernas BBI di Jawa Barat rencananya akan digelar April 2021 dengan 'tagline' UKM Jabar Paten. Sehingga, hadirnya galeri UMKM di Mal Festive Walk ini menjadi pioneer gerakan tersebut di Jawa Barat.


    “Harapan kami ini menjadi kabar baik bagi para pelaku UMKM di Karawang, untuk mendukung mereka agar lebih berkembang melalui program-program ini,” ujar Rizki.


    Dia berharap, galeri ini menjadi destinasi wisata mencari oleh-oleh khas Karawang, juga menjadi peluang bagi pelaku UMKM untuk berkembang sebagai unit usaha kreatif, yang menawarkan produk-produk unggulan yang ada di Karawang.


    "Dengan berdirinya tempat ini, diharapkan menjadi solusi usaha bagi masyarakat," jelasnya.


    Sementara itu, H. Aep Syaepuloh mengatakan, meski Pemkab Karawang tidak membantu modal uang kepada pelaku UMKM, tetapi pemerintah akan memberikan bantuan alat produksi juga pendampingan usaha.


    Kata wakil bupati, masyarakat Karawang harus pakai produk Karawang, supaya semua UMKM bisa hidup dan kesejahteraan ekonominya meningkat. Melalui 'UMKM Go To Mall' ini, wakil bupati berharap, UMKM bisa masuk ke semua pasar.


    "Kita akan bantu semua UMKM, termasuk pembuat kue-kue, selain dipasarkan di mal kita akan bantu memasarkan ke properti dan perusahaan-perusahaan," kata H. Aep.


    Galeri UMKM di Mal Galuh Mas ini kerjasama Mal Galuh Mas dengan Dinas Koperasi dan UKM Karawang yang tergabung dalam Forum Wirausaha Karawang (Forwika). [spn]

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +