• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Sanksi Bagi Pembina Pramuka yang Lalai

    Sabtu, 22 Februari 2020
    Ketua Kwarda Gusti Kanjeng Ratu Mangkubumi
    SLEMAN- Buntut dari insiden hanyutnya ratusan siswa Pramuka SMPN 1 Turi, Sleman  di Sungai Sempor, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi akan memberikan sanksi kepada  pembina Pramuka yang dinilai lalai.

    Menurutnya, semestinya setiap kali dilakukan kegiatan Pramuka dalam bentuk apapun, ada koordinasi dengan pihak sekolah.

    "Kasus ini akan kami selidiki lebih lanjut. Kalau sanksi pasti ada nanti yang mengeluarkan dewan kehormatan. Nanti hasil pemeriksaan kepolisan juga disampaikan," kata Putri Sulung Sri Sultan Hamengku Buwono X ini, Sabtu (22/2/2020).

    Selanjutnya ia mengatakan Kwarda sudah meminta kepada seluruh pembina jika mengadakan kegiatan di luar sekolah untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, khususnya kepala sekolah. Selain tidak berkoordinasi dengan kepala sekolah, para pembina Pramuka tersebut dinilai mengabaikan kondisi dan cuaca saat kegiatan susur sungai dilakukan.

    "Kami dari Kwarda akan meninjau kembali terkait aturan kegiatan pada gugus depan di sekolah. Kegiatan kepramukaan di luar sekolah harus bersinergi dengan sekolah. Tanggungjawab ada di gugus depan dan pembina. Kami berharap masalah ini tidak terulang lagi," ujar Mangkubumi.

    Sementara itu Kepala Bidang Humas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto mengatakan, hingga saat ini kepolisian telah memeriksa enam orang dari pihak sekolah. Sampai saat ini, belum diketahui pasti siapa pihak yang paling bertanggung-jawab dalam peristiwa tersebut.

    "Untuk tersangka nanti menunggu hasil pemeriksaan," tandasnya. (nt/li/red).
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +