• Jelajahi

    Copyright © Progresif.id - Berita Inspiratif
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Kejari Karawang Bentuk Kampung Restorative Justice

    Kamis, 03 Maret 2022


    Progresif.id - Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang, Jawa Barat, Martha Parulina Berliana mengatakan, dalam waktu dekat akan membentuk kampung restorative justice di Kabupaten Karawang.


    Restorative justice atau keadilan restoratif adalah sebuah pendekatan mengurangi kejahatan dengan menggelar pertemuan antara korban dan terdakwa,  kadang-kadang juga melibatkan para perwakilan masyarakat secara umum.


    "Kemarin Jaksa Agung Muda Pidana Umum mengeluarkan satu perintah supaya kita, khususnya di Jawa Barat ini, mulai membentuk kampung restorative justice, kita di Karawang juga sedang mulai melakukan progres itu," jelasnya, pada acara talkshow di radio Sturada 89,4 FM Karawang, Rabu (3/2/2022).


    Kata dia, pihaknya akan mulai melaksanakan hal tersebut pada minggu depan. Diakuinya, Kejari Karawang sudah mulai menjajakinya minggu ini."


    Jum'at mulai sosialisasi dan dengan adanya ini maka Karawang memiliki kampung restorative justice," tutur dia.


    Diketahui, restorative justice adalah sebuah proses semua pihak yang berkepentingan dalam pelanggaran tertentu bertemu bersama untuk menyelesaikan secara bersama-sama, untuk menyelesaikan secara bersama-sama, menyelesaikan pelanggaran demi kepentingan masa depan.


    Dari defenisi tersebut dapat diambil kesimpulan, penyelesaian dalam suatu tindak pidana dengan mengunakan restorative justice lebih mengutamakan terjadinya kesepakatan antara pihak yang berpekara, dengan kepentingan masa depan.

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    “Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat spesial, hari demi harinya, jam demi jam, menit demi menit bahkan detik demi detiknya sangat spesial. Semoga bulan ini benar-benar menggugah dan mengubah diri kita menjadi hamba yang benar-benar yakin kepada Allah, dan menjadi hamba yang penuh manfaat bagi makhluk-makhluk Allah lainnya. Selamat menikmati jamuan Allah di bulan Ramadhan ini dan semoga kita bisa benar-benar menjadi orang yang haqqul yaqin kepada Allah serta terpilih menjadi orang yang beruntung di bulan yang Suci ini' [Aa Gym]

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +