• Jelajahi

    Copyright © Progresif.id - Berita Inspiratif
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Ini Program Zakat BMH Selama Ramadhan 1443 H dari Sabang Sampai Merauke

    Sabtu, 26 Maret 2022
    Direktur Utama Laznas BMH, Supendi.

    Progresif.ID -  Selama bulan Ramadhan 1443 H, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) memiliki sejumlah program, diantaranya Daí tangguh Ramadhan, buka puasa berkah, berkah fitrah, sedekah peralatan ibadah, bingkisan berkah Ramadhan, sedekah jariyah dan sedekah produktif.

    Direktur Utama Laznas BMH, Supendi menyebutkan, dari 7 program tersebut, BMH mentargetkan bisa menjangkau sebanyak 408.905 penerima manfaat atau mustahik. Jumlah ini lebih besar dari program BMH pada Ramadhan 1442 H lalu, yaitu sebanyak 194.733 mustahik.

    Dengan begitu, BMH membuka masyarakat menyalurkan zakatnya untuk mendukung 7 program tersebut selama Ramadhan 1443 H ini. Mengingat, ini kesempatan emas bagi umat Islam untuk menjadikan Ramadhan sebagai bulan terbaik dengan menyalurkan zakat.

    "Jangan lupa, Ramadhan 1443 Hijriyah berbagi kebaikan dengan zakat,"kata Supendi, pada acara public expose di  di Kampus Hidayatullah Kalimulya, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (24/3/2022).

    Seperti diketahui, zakat bukan sekedar zakat fitrah yang memang wajib dikeluarkan di bulan Ramadhan, ada juga zakat maal atau zakat harta. Zakat maal ini meliputi zakat simpanan emas, perak dan barang berharga lainnya.

    Juga zakat aset dagangan, termasuk zakat hewan ternak, zakat hasil olahan tanaman dan hewan, zakat tambang dan tangkapan laut, zakat hasil penyewaan aset, zakat jasa profesi dan zakat hasil saham dan obligasi.

    Program Daí tangguh Ramadhan yaitu, mengirimkan para DAI untuk menyemarakan syiar dan dakwah Islam di daerah pedalaman, para DAI ini bertugas menjadi imam sholat rawatib, sholat tarawih bersama masyarakat.

    Program bukan puasa berkah yaitu, menyediakan ta'jil on the road, buka puasa bersama yatim dan dhuafa, buka puasa untuk mualaf di daerah pedalaman, juga bimbingan kerohanian berupa tausiyah dan motivasi.

    Kemudian program berkah fitrah, yaitu penyaluran paket beras fitrah dan sembako kepada masyarakat miskin, agar mereka berbahagia saat Idul Fitri, paket ini berupa beras, minyak goreng, gula, teh, susu dan makanan ringan.

    Sedekah peralatan ibadah, yaitu penyaluran Al Quran dan Iqra, serta perlengkapan ibdah lainya ke mushola, termasuk toa dan karpet. Juga memberikan fasilitas itu ke masjid dan rumah Qurán yang lokasinya di daerah pelosok.

    Bingkisan berkah Ramadhan yaitu, program pemberian santunan paket sembako dan bingkisan lebaran yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan untuk Daí di daerah pedalaman, termasuk anak yatim, kaum dhuafa dan santri penghafal Al Qurán.

    "Program Ramadan berbagi kebaikan dengan zakat ini dibuka dengan program ekspedisi kebaikan zakat berupa pengiriman logistik untuk santri dari Sabang hingga Merauke," jelas Supendi.

    Sedekah jariyah yaitu, program pembangunan masjid, pesantren dan asrama santri, untuk mendukung penyediaan fasilitas, termasuk air bersih.

    Sedekah produktif yaitu, program pemberdayaan untuk memproduktifkan sumber daya lokal, agar berdaya guna lebih maksimal untuk masyarakat, diantaranya pengembangan kebun, sawah pangan santri, tambak ikan dan ternak domba.
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Rasulullah SAW bersabda ” Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi).

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +