• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Menuju Indonesia Maju 2045, Ridwan Kamil Titip Pesan Untuk Generasi Jabar

    Kamis, 15 Juli 2021


    KOTA BANDUNG, Progresif.id
    – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan, kemajuan Indonesia berada di tangan anak-anak muda, Indonesia berpotensi menjadi negara maju pada tahun 2045 mendatang atau saat 100 tahun Indonesia merdeka. 


    Indonesia akan memiliki bonus demografi atau sebagian besarnya memiliki usia produktif pada tahun 2045 mendatang. Untuk itu, Ridwan Kamil meminta kepada anak-anak Jawa Barat (Jabar), untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensinya.


    Hal itu disampaikan gubernur saat membuka Tahun Ajaran 2021-2022 dan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi Siswa Baru, sekaligus Pembinaan Peningkatan Pemahaman Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, serta Pendidikan Kepramukaan secara virtual di Gedung Pakuan Bandung, Kamis (15/7/2021).


    "Di tahun 2045 itu 100 tahun Indonesia merdeka, Indonesia bisa jadi juara dunia atau bisa jadi kalah. Kalau jadi juara dunia, anak-anaknya harus punya skill yang kompetitif skill yang produktif karena 70 persen warga Indonesia di tahun 2045 adalah anak-anak muda," ujarnya.


    Kata Ridwan Kamil, anak-anak muda Jawa Barat jangan menjadi beban negara. Justru, anak-anak muda yang ada di Jawa Barat harus menjadi mesin dan pahlawan bagi negara.


    "Saya tidak mau anak-anak muda ini menjadi beban negara, harusnya menjadi mesin negara. Anak-anak muda bukan menjadi pengemis ke negara, tapi harusnya menjadi anak-anak muda yang jadi pahlawan untuk negara," kata Ridwan Kamil. 


    Disebutkan Ridwan Kamil, ada empat hal yang harus dimiliki anak-anak Jawa Barat untuk membawa Indonesia menjadi negara maju. 


    Pertama adalah harus memiliki fisik kuat oleh karena itu, anak-anak Jawa Barat harus menjaga pola makan. 


    Kata dia, stunting adalah penyakit gagal tumbuh, karena makannya tidak bergizi. Untuk itu, jangan makan kebanyakan micin, jangan makan kebanyakan yang tidak bergizi. 


    "Anak-anak Jawa Barat harus sehat-sehat tidak harus semuanya seperti Ade Rai, yang penting sehat kuat kalau diajak lari jagoan," kata Ridwan Kamil. 


    Kedua, anak-anak Jawa Barat harus memiliki otak yang cerdas. Ridwan Kamil meminta agar anak-anak Jawa Barat tidak berhenti belajar dimanapun dan dengan media apapun.


    "Harus cerdas, caranya belajarlah di mana pun, di kelas, lewat google, lewat wikipedia, lewat youtube yang penting mau belajar," kata pria yang kerap disapa Kang Emil. 


    Anak-anak Jawa Barat juga harus memiliki akhlak yang baik atau Emotional Quotient (EQ), akhlak yang baik bisa dimulai dari hal-hal kecil, seperti menolong orang-orang yang sedang kesusahan.


    Ketiga, harus punya akhlak yang baik atau EQ, kalau ada antrean ikut ngantre, kalau ada orang susah harus  ditolong.


    Keempatnya yaitu ahli ibadah, percuma baik, sehat, pintar, tapi tidak sholat, tidak ngaji, tidak ibadah ke rumah ibadah. 


    "Empat nilai kualitas anak-anak Jawa Barat satu badanya harus sehat, otaknya harus cerdas, hatinya harus berakhlak, rajin ibadah," kata Kang Emil. [rls/spn]

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +