Iklan

Diduga Buang Limbah, Lima Pabrik Disidak Satgas Citarum Harum

Jumat, 14 Agustus 2020
KARAWANG, Progresif.id - Komandan Satgas Citarum Harum Sektor 19, Kolonel Chb Widodo melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan mengambil sampel pengolahan air limbah di lima pabrik sekitar Desa Warungbambu, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (13/8/2020) siang.

"Sidak dilakukan untuk memastikan perusahaan-perusahaan mana saja yang sengaja membuang air limbahnya (ke Sungai Citarum, red) tanpa melalui proses sterilisasi terlebih dahulu," kata Kolonel Chb Widodo.

Lima pabrik itu yakni, PT. Canvas Indonesia, PT. Fuli Semitex Jaya, PT. Surya Metal Indonesia, CV Batik Adi Putro dan CV Batik Stopo, semuanya berdomisili di Desa Warungbambu.

Pada sidak ini, Kolonel Chb Widodo di dampingi Dandim 0604/Karawang, Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang, Drs. Wawan Setiawan, Pasiter Dim 0604/Karawang, Kapten Arh Ramin Nurmansyah, Batih Sektor 19, Serma Supriyanto, Bamin Sektor 19, Serka Roni Heryana dan para Anggota Satgas Citarum Sektor 19.

Di tempat sama, Kepala DLHK Karawang, Drs. Wawan Setiawan menjelaskan, pihaknya sudah mengambil sample air limbahnya untuk diuji portable, pengujiannya akan dilakukan  di lab DLHK.

Kata Wawan, pihaknya telah uji kualitas air buangan di outfal pabrik-pabrik tersebut menggunakan uji parameter, secara umum hasilnya masih diambang batas. [**/spn]
Kolom netizen

Buka kolom netizen

Lentera Islam


 "Dari Anas bin Malik RA, ia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa menjadikan akhirat tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kekayaannya di dalam hatinya. Dia akan mengumpulkan segala urusannya yang tercerai berai, dan dunia datang padanya dalam keadaan hina. Dan barang siapa menjadikan dunia tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kefakiran berada di depan matanya. Dia akan mencerai-beraikan segala urusannya yang menyatu, dan tidak datang kepadanya dari dunia kecuali sekadar yang telah ditakdirkan baginya." (HR. Tirmidzi)

Berita Terbaru