• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Arab Saudi Belum Buka Akses, 2.165 Calon Haji Karawang Tertunda

    Rabu, 03 Juni 2020

    KARAWANG, Progresif.id - Sebanyak 2.165 calon jamaah haji asal Karawang, Jawa Barat tertunda keberangkatannya, sebab Arab Saudi belum membuka akses bagi warga negara lain, akibat wabah virus Corona yang belum reda.

    Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, H. Sopian mengatakan, dengan kebijakan pemerintah RI yang membatalkan keberangkatan haji akibat Corona, juga Pemerintah Arab Saudi yang belum membuka akses, sehingga keberangkatan jamaah haji Karawang ditunda hingga tahun 2021, demi menjaga kesehatan jamaah haji dari wabah tersebut.

    "Mari kita terima dengan legowo dan ikhlas, ini bukan keinginan kita, tetapi atas kehendak Allah, mudah-mudahan dengan pandemi ini kita tetap sehat," ujarnya, saat ditemui Rabu (3/6/2020) siang.

    Dia menyebutkan, kuota haji tahun 2020 sebanyak 2.165 jamaah, tetapi hingga berita ini diturunkan, tercatat jamaah yang melunasi ongkos haji pada tahap 1 sebanyak 1.939 jamaah dan tahap 2 sebanyak 136 jamaah, total yang lunas 2.075 jamaah.

    Diakuinya, dengan penundaan keberangkatan ini, masyarakat pasti paham, sebab pandemi ini terjadi di seluruh dunia. 

    "Insya Allah, tahun 2021 bisa berangkat, kecuali jamaah yang membatalkan keberangkatannya sendiri, tapi hingga kini belum ada yang membatalkan," ujarnya.

    Rencananya, tahun ini Kabupaten Karawang memberangkatkan delapan kloter calon jemaah haji, keberangkatannya mulai 25 Juni 2020. Sedangkan, daftar tunggu haji Karawang hingga tahun 2038. [spn]
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +