Iklan

27 Kasus Kebakaran di Jakarta Timur Selama April 2020

Jumat, 01 Mei 2020
JAKARTA, Progresif.id - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur mencatat, selama April 2020, sebanyak 27 peristiwa kebakaran terjadi di Jakarta Timur. Jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 34 peristiwa kebakaran.

Dilansir dari Humas Pemprov DKI Jakarta, Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, gencarnya sosialisasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran serta peran serta masyarakat menjadi salah satu faktor penyebab menurunnya jumlah kasus kebakaran tersebut.

"Angka kasus kebakaran sejak Januari hingga April 2020 cenderung mengalami fluktuasi. Program sosialisasi maupun edukasi masih terus dilakukan ditambah dengan adanya PSBB, warga diajak tetap berada di rumah dan diharapkan bisa mengantisipasi  menekan angka kasus kebakaran," ujar Gatot, Jumat (1/5/2020).

Dikatakan Gatot, kasus kebakaran yang terjadi selama bulan April 2020 tidak sampai menyebabkan korban jiwa maupun luka. Sedangkan kerugian materiel yang ditimbulkan sebesar Rp 1.910.715.000 dengan penyebab kebakaran yang dominan  berasal dari korsleting listrik 18 kasus, kompor dua kasus, rokok satu kasus dan lain-lain sebanyak enam kasus.

Sedangkan, objek yang terbakar berupa delapan unit bangunan perumahan, empat bangunan umum, satu bangunan industri, satu kendaraan, 10 instalasi luar gedung, satu tumbuhan dan dua kasus lain-lain. 

Jika dilihat dari persentase wilayah, kasus kebakaran selama bulan April 2020 ini terbanyak berada di Kecamatan Cakung dengan 24 persen, Duren Sawit 15 persen dan terendah di Jatinegara dengan enam persen.

Sedangkan, jumlah kasus kebakaran pada bulan Januari 2020 tercatat sebanyak 28 kasus, Februari 2020sebanyak 25 kasus dan Maret 2020 sebanyak 21 kasus. [rls]
Kolom netizen

Buka kolom netizen

Lentera Islam


 "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur'an dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya" (Al Qur'an, surat Al Hijr: 9)

Berita Terbaru

Opini

+