-->

Iklan

'Social Distancing', Mari Selangkah Lebih Dekat Kepada Al Qur'an

Rabu, 01 April 2020
Foto net.
Patut kita yakini, di tengah kondisi wabah Corona Virus Disease (COVID-19) saat ini, Allah SWT memberi kesempatan luas agar umat Islam kembali kepada Al Qur'an. Allah SWT memaksa setiap muslim berdiam di rumah untuk membaca kembali Al Qur'an yang mereka simpan di lemari.

Allah SWT Maha Tahu, kepenatan setiap muslim mencari nafkah tanpa henti, sehingga tak sedikit individu yang mengabaikan Al Qur'an mereka. Kini, saatnya 'social distancing' dimanfaatkan sebaik-baiknya, selama wabah itu masih mendera dunia, terus menjalar ke setiap orang yang dihinggapinya. Sementara, bagi muslim yang di rumah saja, bacalah Al Qur'an.

Bagi muslim, di masa sulit wabah Virus Corona ini, ada pesan 'kasih sayang' Allah yang disampaikan kepada umat muslim di dunia, yaitu agar semua kembali kepada Allah, kembali kepada Al Qur'an, sebuah buku manual kehidupan, tuntunan hidup, obat segala penyakit.

Berbagai penelitian dan sejumlah pakar sependapat, membaca atau mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al Qur'an memberikan perubahan fisiologis yang besar bagi tubuh manusia.

Seperti dilansir dari suara.com, membaca Al Qur'an banyak manfaat bagi kesehatan, ini dibuktikan oleh penelitian di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat. Peneliti bernama Dr Ahmed Al-Qadhi menyatakan, membaca atau mendengarkan lantunan ayat suci Al Qur'an saja sudah dapat memberikan perubahan besar pada fisik dan kesehatan manusia.

Efektif meredakan stres dan kecemasan

Manfaat langsung yang bisa dirasakan saat kita membaca Al Qur'an adalah ketenangan jiwa. Sebuah studi di Universitas Salford, Inggris, membuktikan, orang-orang yang membaca dan melantunkan Al Qur'an menjadi lebih rileks dan tenang dibanding mereka yang membaca buku biasa. Sehingga, akan lepas dari kecemasan tentang isu-isu Virus Corona.

Menstabilkan tekanan darah dan denyut jantung

Lantunan ayat Al Qur'an memberi efek relaksasi bagi mereka yang membaca ataupun mendengarkannya. Hal ini terbukti menjadi solusi yang paling jitu untuk menormalkan tekanan darah dan denyut jantung yang sedang tidak stabil.

Proses relaksasi mengaktifkan sekaligus mengendalikan saraf otonom atau saraf simpatis dan parasimpatis, sehingga akan menciptakan tekanan darah dan membuat denyut jantung stabil.

Meningkatkan daya ingat dan mempertajam konsentrasi

Orang yang rajin membaca Al Qur'an terbukti memiliki daya ingat yang lebih baik. Selain itu, membaca Al Qur'an juga mampu membuat otak lebih fokus, sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Membantu menghancurkan sel-sel kanker dan menghentikan reaksi virus

Salah satu hasil penelitian Dr Ahmed Al-Qadhi menyebutkan, lantunan ayat suci Al Qur'an mampu mengembalikan keseimbangan sel-sel sehat dalam tubuh, sehingga dapat melawan sel-sel kanker.

Selain itu, membaca dan mendengar lantunan ayat Al Qur'an juga sangat baik untuk meningkatkan sel-sel imun, sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan virus dan bakteri, termasuk COVID-19.

Bahkan, ketika ayat suci Al Qur'an dibacakan atau didengarkan, virus dan bakteri jahat yang ada dalam tubuh akan terhenti reaksinya, pada saat bersamaan imun tubuh atau antibodi ini akan mudah mengalahkan virus dan bakteri tersebut.

Maka, semakin sering membaca Al Qur'an, maka virus dan bakteri akan sering non aktif, lambat laun dia akan hilang dari tubuh. Ini juga harus diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga, supaya antibodi bisa mengalahkan virus dan bakteri yang tidak berdaya ketika dibacakan Al Qur'an.

Nah, dari pada bengong atau tiduran tanpa aktifitas, lebih baik ambil Al Qur'an dan bacalah setiap waktu, terutama usai sholat fardu. Jika ingin menghafalkan, itu lebih baik, sambil menunggu keadaan di luar sana kondusif. (spn)
Kolom netizen

Buka kolom netizen

Lentera Islam


 "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur'an dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya" (Al Qur'an, surat Al Hijr: 9)

Berita Terbaru

Opini

+