• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    PT Pupuk Kujang Bangun Pabrik CO2 Cair

    Rabu, 17 Juli 2019
    KARAWANG, KarawangNews.com - PT Pupuk Kujang mengembangkan usaha dan bisnisnya dengan membangun pabrik CO2 cair di Cikampek, Jawa Barat. Anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia (Persero) ini menggandeng PT Rekayasa Industri sebagai kontraktor utama, juga beberapa subkontraktor.

    Pembangunan ini dimulai secara simbolis dengan pengecoran perdana oleh Direktur Teknik dan Pengembangan Pupuk Kujang, Hanggara Patriatna, Rabu (17/7/2019) di area pabrik CO2, disaksikan jajaran direksi dan jajaran komisaris Pupuk Kujang.

    Dijelaskan Hanggara, pabrik CO2 cair ini ditargetkan mulai beroperasi di awal tahun 2020, sebab biasanya pembangunan pabrik butuh waktu dua tahun, tetapi pihaknya berupayakan tahun 2020 pabrik ini sudah bisa beroperasi secara optimal.

    "Pabrik CO2 ini dibangun untuk memanfaatkan gas ekses CO2 dari proses produksi pabrik Kujang 1A dan 1B menjadi produk CO2 cair yang berguna bagi segala industri," paparnya.

    General Manager Produksi Pupuk Kujang sekaligus sebagai Projects Manager, Arifianto mengatakan, pabrik baru ini memiliki kapasitas produksi ±50.000 MTPY (metrik ton per tahun) produk CO2 cair dengan kemurnian 99,99%. Teknologi yang digunakan adalah milik Union Engineering dengan investasi pembangunan pabrik sekitar Rp 106 miliar.

    "Saat ini, kebutuhan CO2 murni di Indonesia mencapai 250 ton perhari. Hanya saja, C02 murni yang dihasilkan masih menggunakan bahan baku dari minyak bumi, sehingga harga jual CO2 murni menjadi mahal," kata dia.

    Berbeda dengan CO2 murni yang dihasilkan PT Pupuk Kujang, bahan bakunya diambil dari limbah gas ekses CO2 pabrik Kujang 1A & 1B, sehingga hal ini akan menekan harga bahan baku.

    Industri pemurnian CO2 tidak saja memberi kontribusi pada penyelamatan lingkungan, namun dari segi ekonomi memiliki daya jual yang sangat tinggi. Produk akhir pabrik berupa CO2 murni standard food grade ini sangat diperlukan oleh berbagai jenis industri.

    Dalam industri makanan dan minuman, misalnya, CO2 murni digunakan untuk pembuatan minuman berkarbonasi, pengawetan makanan serta perikanan dengan dry ice, pemutihan gula, pembuatan rokok dan masih banyak lagi.

    CO2 murni ini juga bisa digunakan dalam industri manufacture pengelasan, pemutihan kertas, fumigasi pada sektor pertanian ataupun serta secondary oil recovery.

    Hasil produksi dari pabrik CO2 murni yang dihasilkan PT Pupuk Kujang, sudah ada beberapa perusahaan yang akan membeli diantaranya PT Aneka Gas dan PT Purna Buana Yudha, dengan masing-masing kapasitas sebesar 20.000 MTPY, dan sisanya akan dijual oleh bagian pemasaran PT Pupuk Kujang.

    "Harapan kedepan PT Pupuk Kujang dapat terus mengembangkan bisnis ini, terutama dalam pemanfaatan produk samping proses menjadi produk gas industri," jelas Arifianto. (rls/spn)
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +