• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Desa Vokasi Mulai Dicanangkan di Karawang

    Rabu, 06 Juni 2018
    KARAWANG, KarawangNews.com - Program Desa Vokasi mulai dicanangkan di Kabupaten Karawang, pencanangan dilaksanakan di Sekolah Alam Al Firdaus, Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Selasa (5/6/2018) sore. 

    Yayasan Assolahiyah Karawang yang menaungi Sekolah Alam Al Firdaus menjadi lembaga awal melaksanakan Program Gerakan Pemberdayaan Pendidikan Perempuan Mandiri (GP3M), dari program itu terbagi menjadi Program Pendidikan Kecakapan Hidup Perempuan (PKH-P) dan Program Desa Vokasi.

    "Program ini keberlanjutan dari pemanfaatan Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga bisa memanfaatkan potensi desa masing-masing," kata Ketua Yayasan Assolahiyah Karawang, Heru Saleh.

    Kata dia, ini peluncuran dari beberapa program di Karawang, kemudian proses pelaksanaan kegiatannya akan dilakukan usai Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah mendatang. Diakui Heru, Program Pemberdayaan Desa Vokasi ini diharap muncul kelompok yang bisa mensejahterakan keluarganya.

    "Saya berharap ini bisa diterapkan di Desa Muktijaya, juga bisa diaplikasikan di desa lainnya," ujarnya.

    Di Muktijaya, kata Heru, ada 100 warga yang akan memperoleh pembinaan pendidikan, kemudian setelah diberikan pengetahuan diharapkan bisa menciptakan produk dan mampu memproduksi potensi lokal.

    "Selanjutnya kita fasilitasi legalitas halal dan pemasaran," ucap Heru.

    Program Desa Vokasi ke Sekolah Alam Al Firdaus ini murni dari kementerian pendidikan, nanti lembaga pendidikan ini akan mengkolaborasikan kerjasama dengan dengan PT. Pertamina, termasuk BUMDES Muktijaya. Diharapkan, kedepannya bisa sejalan dengan program pemerintah dan swasta.

    "Pointnya adalah peningkatan pendidikan dan ekonomi," ujarnya.

    Diketahui, Program Desa Vokasi dimaksudkan untuk mengembangkan sumber daya manusia dan lingkungan yang dilandasi oleh nilai-nilai budaya dan pemanfaatan potensi lokal.

    Melalui program ini diharapkan terbentuk kawasan desa yang menjadi sentra beragam vokasi dan terbentuknya kelompok-kelompok usaha yang memanfaatkan potensi sumberdaya dan kearifan lokal.

    Dengan demikian, warga belajar bisa belajar dan berlatih, menguasai keterampilan yang dapat dimanfaatkan untuk bekerja atau menciptakan lapangan pekerjaan sesuai dengan sumber daya yang ada di wilayahnya, sehingga taraf hidup masyarakat semakin meningkat.

    Secara spesifik, Program Desa Vokasi merupakan wujud implementasi program pendidikan kecakapan hidup dalam spektrum perdesaan dengan pendekatan kawasan, yaitu kawasan perdesaan. (spn)
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +