• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    BPJS Kesehatan Permudah Layanan Bagi Pemudik

    Kamis, 15 Juni 2017
    KARAWANG, KarawangNews.com - Mau mudik? Jangan lupa bawa Kartu Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN/KIS) untuk tetap mendapatkan pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana. Peserta JKN-KIS yang mudik bisa berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang Utama, BPJS Kesehatan Karawang.

    Seperti diungkapkan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Karawang, Mohammad Solih, Kamis (15/6/2017), ini sebagai bentuk kepedulian BPJS Kesehatan demi kepuasan dan kenyamanan peserta JKN-KIS. Prosedurnya mudah, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat bisa langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

    Kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan ini berlaku di Hari Raya Idul Fitri tahun 2017 ini, sejak tanggal 19 Juni sampai 2 Juli 2017. Dengan diterapkannya kebijakan ini, peserta JKN-KIS yang sakit dalam​ perjalanan mudik atau telah sampai ke tujuan, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat, kebijakan ini mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

    "Penting diketahui, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudikdan status kepesertaan aktif. Untuk itu, mohon supaya peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran, agar status kepesertaannya selaku aktif," kata Solih, dalam konferensi pers Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan di Kantor Cabang Utama, BPJS Kesehatan Karawang.

    Untuk mengecek iuran peserta, sambungnya, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada menu cek iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan bisa dilihat di websitenya BPJS Kesehatan, aplikasi BPJS Kesehatan Mobile atau care center BPJS Kesehatan 1500400.

    Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile bisa di-download gratis di Google Play Store untuk perangkat android, aplikasi ini menyediakan nomor telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips kesehatan, lokasi-lokasi​penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

    Selama libur lebaran 2017 ini, masyarakat masih bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, juga bisa memperoleh informasi, melakukan pengaduan, konsultasi kesehatan, pelayanan administrasi peserta JKN-KIS yaitu mutasi dan aktivasi, serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.

    Layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500400 hadir 7x24 jam, sementara layanan konsultasi kesehatan buka Senin-Jumat pukul 07.00 - 20.00 WIB. Untuk itu, selam peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik ukuran biaya dari peserta.

    Tak hanya itu, BPJS Kesehatan membuka Posko Mudik di 8 titik padat pemudik, yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, serta Pelabuhan Merak Banten. (rls/spn)
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +