• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Tiap Tahun, 30.000 Pelamar Bersaing Masuk Pabrik

    Rabu, 08 Februari 2017
    KARAWANG, KarawangNews.com - Di Kabupaten Karawang, lulusan SMA/SMK yang melanjutkan ke perguruan tinggi hanya 25 persen, selebihnya 75 persen ikut sebagai pencari kerja di kawasan industri.

    Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, H. Ahmad Suroto menyatakan, setiap tahun perusahaan membuka lowongan kerja dengan jumlah 16.000 hingga 18.000 orang, tetapi pencari kerja selalu membludak hingga 30.000 orang.

    "Selain pencari kerja dari lulusan SMA/SMK di Kabupaten Karawang, ditambah masuknya migran dari luar daerah yang mencari kerja di Karawang," kata dia, kepada wartawan, Rabu (8/2/2017).

    Tak hanya itu, lulusan SMA yang mencari kerja selalu kalah saing dengan lulusan SMK yang memiliki keahlian, sehingga peluang lulusan SMA diterima masuk kerja semakin sempit.

    "Apalagi pendatang dari luar sudah siap segalanya, mereka siap tenaga dan uang sebagai pelicin masuk kerja, sehingga pencari kerja asal Karawang tersisihkan," ungkapnya.

    Untuk itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang berupaya agar lulusan SMA/SMK Karawang bisa diterima bekerja di perusahaan, diantaranya dengan pencari kerja yang harus ber-KTP (Kartu Tanda Penduduk) Karawang.

    "Kita tidak diskriminatif, tetapi sebagai data pembanding, siapa pencari kerja Karawang yang terserap bekerja, kita berupaya mengutamakan warga Karawang masuk kerja di industri Karawang," jelasnya.

    Diakuinya, banyaknya pencari kerja pabrik ini akibat rendahnya inovasi dan wirausaha para lulusan SMA/SMK, sehingga masih berorientasi bekerja di pabrik, karena memang pabrik upahnya lebih tinggi, ada uang lembur dan insentif.

    "Wirausaha pertanian, perkebunannya trend-nya masih dianggap kurang menarik, sehingga ribuan orang ingin masuk pabrik," jelasnya. (spn)
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +