• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Jejak Sejarah di Rumah Djiauw Kie Siong

    Rabu, 25 Oktober 2023

     

    Rumah sejarah di Rengasdengklok, saksi bisu Proklamasi 45.

    Penulis dan Fotografer: Linah Mahdiyah


    RENGASDENGKLOK menyimpan kenangan yang sangat berharga pada saat perjuangan kemerdekaan. 


    Tempat bersejarah sangat penting yang terletak di Rengasdengklok ini ialah rumah Djiauw Kie Siong, menjadi saksi bisu dalam ‘penculikan’ Seokarno dan Hatta pada tahun 1945. 

    Tempat tidur yang digunakan Soekarno untuk istirahat.


    Sedikit cerita, tahun 1945 pada saat Indonesia masih memperjuangkan kemerdekaan, persaingan pemimpin dan pemerintah Belanda, tokoh Djiauw Kie Siong turut serta dalam perjuangan kemerdekaan. 


    Djiauw Kie Siong juga dikenal sebagai Ong Kiem Sien ikut andil dalam menyelundupkan Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.


    Pada saat itu Rengasdengklok adalah sebuah tempat yang jauh dari keramaian kota dan tidak terlalu banyak diketahui banyak orang. 


    Dengan resiko yang besar, Djiauw Kie Siong dan keluarganya menerima Soekarno dan Hatta di rumah mereka kemudian dijadikannya lah markas untuk merencanakan langkah-langkah untuk menuju kemerdekaan selanjutnya.

    Meja rumah yang digunakan untuk menyimpan foto sejarah Soekarno dan foto Djiauw Kie Siong.


    Dalam waktu singkat rumah Djiauw Kie Siong menjadi tempat bersejarah, menjadi pusat pertemuan, dan perancangan strategi. 


    Rumah Djiauw Kie Siong berada di desa kecil Rengasdengklok. Sebuah bangunan bersejarah yang memilliki arsitektur tradisional Jawa dicirikan dari atap limasan dan dinding kayu yang kokoh, terlihat sederhana namun ternyata menyimpan makna sejarah yang dalam.


    Indonesia akhirnya merdeka pada 17 Agustus 1945 dan rumah Djiauw Kie Siong di Rengasdengklok menjadi bangunan dan tempat bersejarah yang sangat penting dalam kemerdekaan Indonesia. 


    Dilestarikan dan dirawat oleh keturunan Djiauw Kie Siong untuk dijadikan tempat wisata yang siapa saja boleh mendatanginya, melihat seperti apa rumah bersejarah ini berdiri. 


    Museum atau rumah bersejarah ini berisi artefak, benda bersejarah, foto-foto, dokumen, dan benda pribadi Soekarno dan Hatta. 


    Daya tarik rumah Djiauw Kie Siong ialah kamar Soekarno dan Hatta yang masih terjaga keasliannya, beberapa bagian dari rumah ini dijaga keasliannya, hanya beberapa bagian yang mengharuskan untuk mengalami perbaikan.

     

    Tempat wisata Rumah Bersejarah Djiauw Kie Siong meninggalkan sejarah yang mendalam tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia.

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +