• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    CommStride 2023 Kenalkan 'Art Therapy' Media Penyaluran Emosi

    Sabtu, 13 Mei 2023

     

    Talk show bersama Sabrina Maidah. 

    Progresif.id – Menurut survei yang dilakukan oleh Indonesia National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS), satu dari tiga remaja Indonesia memiliki kesehatan mental. Sementara, satu dari dua puluh remaja Indonesia memiliki gangguan mental dalam 12 bulan terakhir.


    Disebutkan juga, hanya 2,6% remaja memilih berkonsultasi dengan tenaga ahli untuk membantu mereka mengatasi masalah kesehatan mental dan selebihnya mereka memilih untuk menyelesaikannya sendiri. 


    Salah satu masalah kesehatan mental tersebut adalah krisis identitas yang dialami oleh generasi muda karena pengaruh globalisasi dan teknologi. 


    Untuk mengatasi hal tersebut, mahasiswa Ilmu Komunikasi President University mengadakan kegiatan talk show bertajuk 'Who am I: Kenali Potensimu' yang merupakan bagian dari CommStride di Living Plaza, Jababeka, Cikarang,  Sabtu (13/5/2023). 


    Acara ini dihadiri generasi muda usia 18-25 tahun yang sedang bingung untuk menentukan potensi dan emosi yang dimilikinya. 


    Dalam acara ini terdapat sesi art therapy, sebuah terapi dengan menggunakan karya seni untuk melepaskan konflik batin dan emosi yang terpendam di dalam dirinya (Haniatussa’adah & Purwanto, 2022). 


    Pada sesi ini mereka menggambar sesuatu di sebuah kertas kosong untuk  mengekspresikan keadaan yang sedang dialaminya. 


    Melalui sesi ini, secara tidak sadar mereka menunjukkan emosi terpendam yang sedang dirasakannya. 


    Psikolog Klinis, Sabrina Maidah mengatakan, dalam sesi talk show ini art therapy dapat dilakukan dalam berbagai media, baik secara interaksi langsung maupun interaksi online. 


    Esensi dari kegiatan ini adalah sebagai sarana untuk menuangkan ekspresi yang sedang kita rasakan. 


    “Dengan kita menuliskan, sebelum kita menggambar, kita melakukan sesuatu, kita jadi lebih memahami apa yang aku rasain gitu. Oh ternyata mungkin, aku lagi butuh di dengerin ya. Oh ternyata mungkin aku lagi butuh punya temen deket ya, kaya gitu,” ujar Sabrina Maidah. 


    Sabrina Maidah juga menambahkan cara memandang krisis identitas agar tidak menjurus ke hal negatif, yaitu dengan mencari teman untuk berbicara, baik sahabat, orang terdekat, dan psikolog. 


    “Kalau emang dirasa sahabat gak bisa, temen curhat gak ada solusi, datang ke psikolog gitu. Karena bisa jadi yang kamu butuhkan adalah teman untuk memahami diri kamu secara utuh dan brainstorming diri kamu,” kata Sabrina Maidah.


    Tentang CommStride


    CommStride merupakan kegiatan tahunan mahasiswa Program Sarjana Studi Ilmu Komunikasi President University dengan mengangkat isu-isu global terkini kepada partisipan yang dituju dengan membawa tema yang berbeda setiap tahunnya. 


    CommStride (Communication Stride) 2023 membawa tema #GenerasiEKSPRESI (Energik, Sehat Pikiran & Raga dan Siap Kerja!).


    Kegiatan ini terdiri dari tiga kegiatan utama, yaitu Car Free Day (CFD), Kampanye kesehatan mental 'Who Am I?: Kenali Potensi Dirimu' dan Festival Karir.

     

    Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas akhir pada mata kuliah Event & Campaign Management, Cyber Public Relations dan International Public Relations yang dilaksanakan secara online dan offline melalui media sosial Instagram @commstride.


    Penulis: Rahmi Meliani 

    Editor: AsepSpn


    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +