• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Pinhome Solusi Memiliki Rumah Baru

    Kamis, 16 Februari 2023

    Progresif.id - Dalam rangka ulang tahun ke-3, Pinhome, pionir platform property-tech terlengkap berbagi informasi dan data tentang hasil temuan mereka mengenai kepemilikan rumah pertama dan prediksi tren di 2023. Temuan ini didapat dari riset konsumen dan juga data internal platform Pinhome, dari sisi brokerage, pendanaan dan juga perawatan properti. 


    Pinhome telah menjadi tiga besar property tech di Indonesia dengan layanan di lebih dari 75% kota-kota di Indonesia. Aplikasi Pinhome juga telah diunduh lebih dari 600 ribu kali. 


    CEO dan Founder Pinhome, Dayu Dara Permata mengatakan, dimulai tiga tahun lalu di garasi rumah dengan 5 orang, saat ini Pinhome tidak hanya menyediakan lebih dari 700 ribu properti yang berbeda, tapi juga pendanaan dan perawatan properti. Solusi hulu ke hilir ini, dia hadirkan untuk membantu masyarakat Indonesia memiliki rumah untuk pertama kalinya. 


    Terbukti, solusi Pinhome mempercepat proses pembelian rumah pertama hingga tiga kali lebih cepat. Proses yang biasa memakan waktu rata-rata enam bulan, di Pinhome hanya selesai bisa dalam dua bulan. 


    "Dalam tiga tahun ini Pinhome juga berhasil menjadi tiga besar situs properti di Indonesia yang paling banyak dikunjungi,” kata Dayu Dara. 


    Dari analisa data penggunaan platform Pinhome dan riset ke konsumen, terdapat beberapa temuan menarik seputar kepemilikan rumah pertama, properti yang paling digemari sebagai rumah pertama biasanya berbentuk rumah baru dengan harga di bawah 600 juta rupiah.


    Kata dia, lokasi paling banyak dicari bergeser keluar Jakarta, yaitu Bogor, Bekasi, Tangerang, Depok dan Bandung.

     

    Diakuinya, kebutuhan kredit semakin berkembang, dimana minat terhadap KPR takeover meningkat, karena potensi penghematan hingga 25% dari total cicilan. Juga, pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi pemicu transaksi pembelian properti yang meningkat hingga dua kali lipat setelah THR diterima. 


    Pasca pandemi kebutuhan alih daya (outsource) perawatan rumah terus meningkat, terutama jasa membersihkan rumah yang naik 2,5x lipat di tahun 2022. Berbagai temuan dan prediksi ini disambut baik oleh pelaku industri properti. 


    Executive Director, Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda mengatakan,  solusi hulu ke hilir berbasis teknologi seperti Pinhome menjawab berbagai pertanyaan properti seeker dan pemain industry. 


    "Fitur seperti PinValue yang bisa memberikan perkiraan harga properti secara transparan tidak hanya membantu pembeli properti, tapi juga pemain industri dan developer,” ujarnya.


    Dia juga menganggap, tahun 2023 sebagai momentum yang tepat untuk membeli properti, dia  optimis di tahun ini industri properti tidak akan kehilangan daya beli, dilandasi dengan kekuatan pasar lokal dan ekonomi fundamental Indonesia. Jika mampu, lebih baik beli properti di tahun 2023 daripada menunggu di tahun-tahun depan. 


    "Harga properti akan makin bersahabat di tahun politik ini, setelah Pemilu, bisa jadi harga properti akan naik seiring kenaikan permintaan,” ungkapnya.


    Dia menyebutkan, beberapa tips tambahan bagi mereka yang berminat membeli properti, pertama manfaatkan bunga KPR yang melandai atau di bawah bunga sebelum pandemi dan kedua jika menggunakan pihak ketiga untuk membeli properti, seperti agen atau platform digital, pastikan sudah terpercaya dan memberikan transparansi untuk proses dan biaya yang harus dikeluarkan


    Menurut data internal, empat dari lima pengguna Pinhome adalah pembeli properti pertama dan 93% pengguna mencari rumah untuk ditinggali. Saat ini, Pinhome telah bekerjasama dengan lebih dari 20 ribu agen properti, 20 institusi jasa keuangan untuk pendanaan properti dan juga lebih dari 8 ribu penyedia layanan perawatan Pinhome Service. 


    Pinhome juga bekerjasama dengan Sarana Multigriya Finansial untuk menyediakan layanan rent-to-own sebagai alternatif kredit bagi mereka yang dengan kesulitan akses ke bank. Pinhome juga telah bekerjasama dengan berbagai pemborong untuk menyediakan ratusan rumah terjangkau di berbagai daerah di Indonesia. 


    Tentang Pinhome


    Pinhome adalah pionir platform property-tech yang bersifat end-to-end di Indonesia, didirikan Dayu Dara Permata sebagai CEO-Founder dan Ahmed Aljunied, CTO-Co Founder, Pinhome resmi beroperasi pada Januari 2020. 


    Pinhome menyediakan layanan properti terlengkap bagi konsumen dan pengembang, dalam satu aplikasi konsumen bisa mencari rumah, bertransaksi, mencari pembiayaan hingga merawat properti. 


    Saat ini Pinhome bekerja sama dengan lebih dari 20.000 agen dan menawarkan lebih dari 700 ribu listing properti berkualitas di 75% kota Indonesia.


    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +