• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Bosan Mie Instan, Pengungsi Gempa Cianjur Akhirnya Dapat Nutrisi 2 Ton Nanas Segar

    Senin, 05 Desember 2022

    Efrizal membagikan potongan nanas kepada anak-anak di posko pengungsian.

     Progresif.id - Petani nanas asal Subang, Jawa Barat, Efrizal Ali menyumbangkan sebanyak dua ton nanas untuk korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat, bantuan disalurkan ke posko Pupuk Kujang, Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.


    "Kami turut berempati kepada korban gempa bumi di Cianjur. Sebagai petani, kami menyumbangkan nanas segar untuk dikonsumsi, karena hanya ini yang kami mampu lakukan," ujar Efrizal, Sabtu (3/12/2022). 


    Dia mengantarkan langsung nanas ke posko Pupuk Kujang di Cugenang. Dia berharap, nutrisi dari nanas yang ia panen ini bisa bermanfaat untuk warga korban bencana alam yang masih bertahan di tenda-tenda pengungsian. 


    Di lokasi pengungsian, bantuan Efrizal ini sangat diterima baik warga. Bahkan, Efrizal sendiri yang memotong dan membagikan buah nanas kepada  pengungsi anak-anak dan dewasa. Mereka terlihat senang ketika menyantap nanas segar yang dibagikan seorang petani nanas binaan PT. Pupuk Kujang Cikampek ini. 


    "Bantuan nanas ini menggembirakan warga kami," kata Ketua RT 01/01, Kampung Selaeurih, Desa Benjot, Kecamatan Cugenang, Ujang Rahmat. 


    Berdasarkan pendataan sementara Pupuk Kujang, saat ini terdapat 342 orang warga Desa Benjot yang mengungsi di posko Pupuk Indonesia Grup, hingga saat ini berbagai bantuan dari Pupuk Indonesia Grup terus disalurkan kepada semua warga yang terdampak gempa bumi. 


    Dikatakan Ujang, warga yang mengungsi memang membutuhkan nutrisi tambahan. Sebab, sejak bertahan di pengungsian dua pekan lalu, pengungsi sudah terlalu banyak mengonsumsi mie instan. 


    "Dengan buah nanas ini, bisa memenuhi kebutuhan vitamin pengungsi, kami berterima kasih kepada saudara kami petani Subang," kata Ujang. 


    Diketahui, Nanas merupakan buah tropis yang kaya nutrisi, sehingga nanas sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 


    Melansir dari Healthline, nanas mengandung antioksidan, suatu molekul yang dapat menangkal stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. 


    Dengan mengonsumsi nanas maka risiko infeksi virus dan bakteri akan jauh lebih rendah. Selain itu, bagi anak-anak yang rutin memakan nanas akan meningkatkan sel darah putih penagkal penyakit. 


    Dalam nanas terkadung banyak vitamin C, sehingga buah ini bisa sangat penting untuk kesehatan kekebalan tubuh, penyerapan zat besi, serta pertumbuhan dan perkembangan. 


    Dalam sebuah penelitian dijelaskan,  bromelain pada nanas dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, memar dan nyeri yang biasanya diderita korban gempa bumi.  


    Selain itu, bromelain pada nanas juga dapat mempercepat pemulihan otot setelah kelelahan dan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak akibat aktivitas berat seperti mengevakuasi korban di reruntuhan bangunan. 


    Sedangkan Efrizal Ali merupakan Ketua Koperasi Singgalang Sari Maju dari Desa Sarireja, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat. 


    Dia dan petani nanas di Sarireja mendapatkan pendampingan budi daya nanas dari Pupuk Kujang sejak tahun 2012. Hingga saat ini, Efrizal terus didampingi Pupuk Kujang dan berhasil mengembangkan produk turunan dan olahan nanas.


    Olahan nanas yang berhasil diproduksi Efrizal dan petani lainnya yaitu minuman nanas, keripik nanas dan pupuk hayati dari permentasi nanas. [spn/lutfi]

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Rasulullah SAW bersabda ” Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi).

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +