Iklan




Presiden Jokowi Beli dan Makan Jagung di Pinggir Jalan

Senin, 04 Oktober 2021
Presiden Jokowi membeli jagung rebus di penjual pinggir jalan saat meninjau lokasi penanaman jagung di Kabupaten Sorong.

Progresif.id - Presiden RI, Joko Widodo berkesempatan mampir untuk membeli jagung rebus di penjual pinggir jalan, usai meninjau lokasi penanaman jagung di Kabupaten Sorong, Papua Barat, Senin (4/10/2021).


Tak hanya membeli, Presiden langsung mencicipi jagung rebus yang dibelinya. Presiden Joko Widodo didampingi Ketua DPR RI, Puan Maharani, juga Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.


Dikatakan Presiden, wilayah Indonesia Timur memiliki lahan pertanian yang sangat luas, tetapi lahan pertanian tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal.


"Di sini terdapat 11.000 hektare tanaman jagung di seluruh provinsi, serta 7 juta hektare untuk tanaman pangan dan hortikultura, sehingga ini lahan yang sangat luas, tetapi memang termanfaatkan maksimal hanya 33 persen," ucapnya.


Presiden pun meminta Kementerian Pertanian dan pemerintah provinsi setempat untuk dapat memaksimalkan potensi lahan pertanian dan meningkatkan kapasitas produksinya.


Presiden Jokowi juga mengajak para petani milenial untuk terus dilatih agar dapat mendukung aktivitas sektor pertanian di provinsi tersebut.


Disebutkan Presiden, di provinsi ini sebanyak 800 dari 2.000 petani sudah dilatih. Para petani ini dipercaya mampu menciptakan ketahanan pangan di Provinsi Papua Barat dan bagi seluruh tanah air.


Dia juga menyebutkan, pemerintah akan mendukung pemanfaatan teknologi pertanian dan memberikan akses modal usaha irigasi untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian.


Pada kunjungan ini, Presiden juga berkesempatan menanam benih jagung dengan alat tanam jagung bersama masyarakat setempat. [rls/spn]

Kolom netizen >>>

Buka kolom netizen

Lentera Islam


"Perumpamaan orang yang menafkahkan hartanya pada jalan Allah, bagai sebutir biji yang tumbuh menjadi tujuh tangkai. Pada tiap tangkai itu berbuah seratus biji dan Allah melipat gandakan (pahala) bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah mempunyai karunia yang luas, lagi Maha Mengetahui" (Q.S. 2 Al-Baqarah,: 261)

Berita Terbaru

Kesehatan

+