Iklan




Agustus-September Uang Palsu Beredar, Cek Uang Anda Sekarang

Jumat, 24 September 2021


Progresif.id – Sebanyak 20 orang pembuat uang palsu dibekuk Polisi, uang palsu ini mereka edarkan melalui empat jaringan di wilayah Jakarta-Bogor, kemudian jaringan wilayah Tangerang, jaringan wilayah Sukoharjo dan jaringan Demak, Jawa Tengah.


Para pelaku mengaku uang palsu tersebut sudah beredar sejak Agustus hingga September 2021.


Wadir Tipideksus Bareskrim Polri, Kombes Whisnu Hermawan menjelaskan, jaringan ini tak hanya membuat mata uang rupiah, juga membuat mata uang asing, diantaranya dollar Amerika.


“Kita bukan saja menangkap jaringan pembuat atau pengganda uang, kita juga menangkap dimana uang palsu itu dibuat,” papar Wishnu di Bareksrim Polri, Jakarta, Kamis (23/9/2021).


Disebutkan Whisnu, jaringan pertama merupakan oknum yang membuat uang palsu US dollar, uang palsu tersebut dibuat untuk orang asing dengan barang bukti kurang lebih 48 lak atau gepok.


Dari hasil pengembangan, pelaku ditangkap di daerah Jakarta, Bogor dan Tangerang, polisi masih mendalami terkait pembuatannya. Polisi juga menangkap jaringan pembuat uang palsu di Sukoharjo dan Demak.


“Kurang lebih banyaknya uang palsu sekitar 110.138 lak," jelasnya.


Selain uang palsu, Polisi berhasil menyita beberapa barang bukti seperti printer, komputer dan mobil. [rls/spn]

Kolom netizen >>>

Buka kolom netizen

Lentera Islam


"Perumpamaan orang yang menafkahkan hartanya pada jalan Allah, bagai sebutir biji yang tumbuh menjadi tujuh tangkai. Pada tiap tangkai itu berbuah seratus biji dan Allah melipat gandakan (pahala) bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah mempunyai karunia yang luas, lagi Maha Mengetahui" (Q.S. 2 Al-Baqarah,: 261)

Berita Terbaru

Kesehatan

+