Iklan




Kasus Covid-19 Menurun Kematian dan Positivity Rate Masih Tinggi

Rabu, 11 Agustus 2021

Progresif.id - Tren kasus Covid-19 beberapa hari terakhir memang menurun, tapi angka kematian dan positivity rate masih relatif tinggi, dua indikator ini harus terus ditekan.

Hal itu dikatakan Ketua DPR RI, Dr. (H.C) Puan Maharani, Selasa (10/8/2021) di Jakarta. Data Kementerian Kesehatan Senin (9/8/2021) kemarin menunjukkan, positivity rate masih 36,34 persen atau jauh di atas standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 5 persen. 

"Sementara angka kematian di hari yang sama sebanyak 1.475 jiwa," ucapnya.

Dia mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga momentum penurunan laju penularan Covid-19 yang terjadi beberapa hari terakhir ini. 

Ia berharap, momentum baik ini tetap terjaga setelah pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, meski dengan uji coba pembukaan mal dan pembukaan tempat ibadah secara terbatas.

Untuk menjaga kondisi ini, maka masyarakat masih memiliki tanggung jawab bersama, yaitu dengan tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M).

Hal itu penting dilakukan agar kondisi penularan Covid-19 tidak kembali seperti yang pernah terjadi Juli 2021 lalu.

"Mari kita jaga bersama-sama kondisi yang berangsur membaik ini dengan penuh tanggung jawab," kata Puan.

Diakuinya, rilaksasi ekonomi dan sosial keagamaan ini juga harus direspon dengan penuh tanggung jawab oleh seluruh lapisan masyarakat, yaitu dengan  tetap ketat melaksanakan protokol kesehatan (prokes).  [rls/spn]

Kolom netizen >>>

Buka kolom netizen

Lentera Islam


"Seandainya anak cucu Adam mempunyai harta sepuluh lembah, tentu dia masih ingin memiliki yang ketiga. Padahal yang mengisi perut anak cucu Adam itu hanyalah tanah". (HR. Muslim)

Berita Terbaru

Kesehatan

+