Iklan

H. Aep: Pentingnya 'Skill' Untuk Masuk Dunia Kerja

Sabtu, 25 Juli 2020
KARAWANG, Progresif.id - Bakal calon Bupati Karawang, Jawa Barat H. Aep Syaepuloh mendukung kiprah generasi muda di berbagai bidang, untuk itu kemampuan diri perlu dimiliki, sebagai modal mencapai tujuan. Meski begitu, peran pemerintah pun sangat diperlukan sebagai fasilitator generasi muda menyongsong masa depannya.

Sabtu (25/7/2020) siang, di tengah kegiatan bakti sosialnya di Dusun Sumur Bandung, Desa Dawuan Timur, Kecamatan Cikampek, H. Aep Syaepuloh membuka turnamen sepak bola Piala Kemerdekaan 2020 di desa tersebut dengan melakukan tendangan bola pertama.

Pada kesempatan itu, di hadapan para pemuda setempat, H. Aep memaparkan, di tengah sulitnya masuk kerja, remaja lulusan sekolah di Kabupaten Karawang harus membekali diri dengan 'skill', terlebih jika masuk ke dunia kerja industri, jangan hanya melamar kerja tanpa memiliki kemampuan, sebab perusahaan sangat membutuhkan personal yang siap kerja dengan skill-nya.

"Pemerintah harus menyediakan Balai Latihan Kerja (BLK) bagi lulusan sekolah, kemudian BLK mengawalnya hingga mereka masuk kerja," kata H. Aep.

Untuk itu, sambung H. Aep, BLK harus memfasilitasi lulusan sekolah yang tidak melanjutkan ke universitas, untuk melatih calon tenaga kerja sesuai bidang yang dibutuhkan pabrik yang ada di sejumlah kawasan industri di Kabupaten Karawang.

Di tempat sama, pemuda setempat, Ahmad Sopyan (20) berharap, Kabupaten Karawang lebih maju dan generasi muda lebih diperhatikan pemerintah, diantaranya soal lapangan pekerjaan untuk mengurangi pengangguran.

"Saat ini pengangguran lebih didominasi generasi muda di pedesaan," ungkapnya.

Diakuinya, penyebab pengangguran yang terjadi saat ini diantara akibat rendahnya pendidikan, tidak sedikit yang 'drop out' sekolah, sehingga minim 'skill' dan sulit bersaing bekerja di industri.

"Kami harap, H. Aep bisa membuat rencana kerja, agar pemuda bisa bekerja di industri, juga mempermudah Usaha Kecil Menengah (UKM) bagi masyarakat," kata Ahmad Sopyan.

Selain kumpul bareng pemuda setempat, di Dusun Sumur Bandung, Desa Dawuan Timur ini H. Aep juga membagikan minyak goreng kemasan 1 liter untuk warga. [spn]
Kolom netizen

Buka kolom netizen

Lentera Islam


 "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur'an dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya" (Al Qur'an, surat Al Hijr: 9)

Berita Terbaru

Opini

+