• Jelajahi

    Copyright © Progresif.id - Berita Inspiratif
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Kujang Festival, Mengajak Milenial Masuk Sektor Pertanian

    Sabtu, 07 Maret 2020
    KARAWANG - PT Pupuk Kujang di Karawang, Jawa Barat, menggelar Kujang Festival, Sabtu (7/3/2020), ini diadakan untuk meningkatkan minat generasi milenial untuk masuk ke dalam sektor pertanian dan sekaligus menjadi langkah penghubung antara konsumen dan pelaku budidaya, untuk dapat menampilkan hasil pertaniannya.

    Direktur Utama Pupuk Kujang, Bambang Eka Cahyana mengatakan, di Kujang Festival ini diadakan sharing session, serta menampilkan teknologi budidaya dan menjadi ajang untuk eduwisata.

    Pada acara ini diisi kegiatan Student Exhibition, yakni lomba inovasi pelajar mengenai pertanian atau teknologi pertanian, juga lomba vlog pertanian sesuai dengan tema festival ini, yaitu Solusi Andal Agribisnis, termasuk lomba mewarnai untuk anak TK dan SD. Di area festival ini juga ada Kids Playground dan aneka kuliner dari beragam daerah di nusantara.

    Kata Bambang Eka Cahyana, pihaknya juga meluncurkan program Petani Kujang Juara, yakni program pendampingan kepada petani binaan Pupuk Kujang, diantaranya budidaya tanam hingga penjualan hasil budidaya dan produk turunannya.

    "Ini untuk memperkuat komitmen Pupuk Kujang sebagai produsen pupuk, juga terus melakukan pendampingan kepada petani guna berkontribusi di sektor pertanian dari hulu ke hilir," kata Bambang, di hadapan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dan Bupati Karawang, dr. Cellica Nurrachadiana yang hadir di acara ini.

    Di Kujang Festival ini diadakan juga workshop yang diikuti oleh komunitas, pengunjung umum dan karyawan. Workshop ini membahas mengenai penanaman hidroponik, tambulampot atau tanaman tumbuh dalam pot dan Budidaya Kopi & Coffee Art.

    "Melalui workshop ini juga masyarakat akan memahami bagaimana mendapatkan hasil panen yang maksimal dalam budidaya produknya," kata dia.

    Tidak hanya itu, Pupuk Kujang kedepan berencana mengembangkan Taman Kahati yang sudah dimiliki dengan potensi-potensi, diantaranya wisata alam, potensi flora dan fauna dan wisata keluarga dengan konsep ekowisata di kawasan pabrik.

    "Ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pendidikan lingkungan hidup, memberdayakan masyarakat lokal dan yang terpenting konservasi alam," ucap Bambang. (spn/rls)
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    “Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat spesial, hari demi harinya, jam demi jam, menit demi menit bahkan detik demi detiknya sangat spesial. Semoga bulan ini benar-benar menggugah dan mengubah diri kita menjadi hamba yang benar-benar yakin kepada Allah, dan menjadi hamba yang penuh manfaat bagi makhluk-makhluk Allah lainnya. Selamat menikmati jamuan Allah di bulan Ramadhan ini dan semoga kita bisa benar-benar menjadi orang yang haqqul yaqin kepada Allah serta terpilih menjadi orang yang beruntung di bulan yang Suci ini' [Aa Gym]

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +