Iklan

Di Pulau Galang Akan Dibangun Rumah Sakit Khusus Pasien Corona

Senin, 09 Maret 2020
BATAM – Di Desa Sijantung, Kecamatan Galang, Batam, Kepulauan Riau akan dibangun rumah sakit bagi pasien yang terinfeksi virus corona (COVID-19). Lokasi ini dianggap ideal, berada di tengah hutan dengan jarak ke rumah penduduk sekitar 3 Km.

"Untuk ke lokasi bisa jalan darat dan laut, Batam juga memiliki Bandara Internasional yang bisa didapatkan pesawat kecil maupun lebar," kata Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (HC) Hadi Tjahjanto, S.I.P, saat tiba di Room Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Minggu (8/3/2020).

Dia menyebutkan, TNI sudah mengajukan ke pemerintah supaya disiapkan 1.000 tempat tidur, ditambah 50 ruang isolasi dengan bertekanan negative, serta dilengkapi filter. Dari 50 ruangan itu 30 ruangan digunakanan untuk non ICU, sedangkan 20 ruangan lagi untuk ICU.

Kata Hadi Tjahjanto, Pulau Galang dijadikan lokasi untuk kemanusiaan, pertama kali pulau ini dijadikan tempat pengungsian Vietnam, kemudain saat ini bersama TNI, Polri dan seluruh komponen masyarakat akan dijadikan pusat rumah sakit khusus penanganan COVID-19.

"Kita berharap rencana ini bisa terealisasikan dan bisa kita gunakan kepada saudara-saudara kita yang harus melaksanakan observasi dan isolasi, apabila ada yang terinfeksi segera kita laksanakan pengobatan," jelasnya. (rls/red)
Kolom netizen

Buka kolom netizen

Lentera Islam


 "Dari Anas bin Malik RA, ia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa menjadikan akhirat tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kekayaannya di dalam hatinya. Dia akan mengumpulkan segala urusannya yang tercerai berai, dan dunia datang padanya dalam keadaan hina. Dan barang siapa menjadikan dunia tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kefakiran berada di depan matanya. Dia akan mencerai-beraikan segala urusannya yang menyatu, dan tidak datang kepadanya dari dunia kecuali sekadar yang telah ditakdirkan baginya." (HR. Tirmidzi)

Berita Terbaru