• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Punya Konsep Bagus, BUMDes Rancabango Dilirik Bupati Subang

    Sabtu, 01 Februari 2020
    SUBANG - Bupati Subang H Ruhimat berjanji akan mendukung perkembangan BUMDes Rancabango, Kecamatan Patokbeusi, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Hal itu disampaikan menanggapi pemaparan yang sebelumnya disampaikan Direktur BUMDes Rancabango Ahmad Fauzi Ridwan.

    "Kami akan mendukung BUMDes Rancabango. Pesan saya jaga kesolidan," ujar Ruhimat, di aula kantor Kepala Desa Rancabango, Kamis (30/1/2020).

    Dia juga menyampaikan, konsep dan program yang sudah dijalankan BUMDes Rancabango cukup bagus. Bahkan dia mengarahkan, karena selama ini BUMDes Rancabango sudah konsen menggarap sembako maka dipersilahkan untuk kerjasama dengan BUMD Subang Sejahtera.

    "BUMD Subang Sejahtera punya order beras. Silahkan kerjasama," tambahnya.

    Berbicara soal modal BUMDes, dia juga akan mendorong Bank BJB untuk ikut membantu permodalan BUMDes, karena menurutnya, bisnis plant yang disampaikan Direktur BUMDes Rancabango sangat memungkinkan untuk dibantu permodalan.

    "Nanti saya kenalkan kepala Cabang BJB-nya. Silahkan buat RAB-nya," ujarnya.

    Direktur BUMDes Rancabango, Ahmad Fauzi Ridwan menyampaikan, semua program baik yang sudah jalan maupun yang dalam perencanaan hasil dari dukungan semua pihak. Oleh karenanya dia yakin, BUMDes Rancabango bisa berkembang dengan baik.

    "Tadi saya sampaikan ke bupati, omset kita selama satu tahun kemarin hampir Rp1 miliar dan proyeksinya sampai 4 tahun ke depan omset kita bisa menyamai Ponggok," bebernya.

    Menurutnya, target itu sangat rasional dan terjangkau. Khusus di bidang pertanian saja , tahun ini BUMDes menggandeng PT Pertani untuk penangkaran benih 20 hektare. Ternyata, petani yang ingin kerjasama dengan BUMDes dan lahan yang tersedia sampai 36 hektare.

    "Kalau kami tidak membatasi kemungkinan semakin banyak petani yang ingin kerjasama," ujarnya.

    Dia memperkirakan dari sektor pertanian yang kerjasama dengan lahan seluas 36 hektare saja laba BUMDes bisa di angka Rp50 juta. Itu dari penjualan gabah dan pinjaman modal.

    "Target kami di tahun ke 4 bisa tergarap 300 hektare dan perkiraan laba tiap panen Rp450 juta. Setahun dua kali panen itu artinya perkiraan laba dari pertanian selama satu tahun mendekati Rp1 miliar," bebernya, seraya menyampaikan belum dari unit usaha lain.

    Diketahui, BUMDes Rancabango merupakan salah satu BUMDes di Kabupaten Subang yang pada akhir 2019 lalu menjadi tempat belajar kepala desa dan BPD se-Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. (red)
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +