• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Gelar LDKS, Saan Mustopa Bentuk 'Leadership' Siswa

    Jumat, 07 Februari 2020
    KARAWANG, KarawangNews.com - Sebanyak 119 siswa dari 25 SMA/SMK di Karawang mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) selama tiga hari, 7-9 Februari 2020 di Saan Mustopa Center (SMC) Desa Pisangsambo, Kecamatan Tirtajaya.

    Katua Yayasan SMC, Enda menyebutkan, LDKS ini program unggulan SMC, ini merupakan tahun keenam yang rutin dilaksanakan tiap tahun, pesertanya siswa dan siswi pilihan SMA/SMK se-Kabupagen Karawang.

    "Kegiatan ini merupakan tradisi menanam, semangat optimisme untuk generasi milenial, kita ingin mewujudkan pemimpin milenial sesuai tema kegiatan," jelasnya.

    Sebagai 'follow up' dari kegiatan, SMC ini menyediakan ruang diskusi dan ruang pelatihan-pelatihan, agar kedepan alumni LDKS ini mempunyai jiwa kompetitif dan semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

    "Yayasan SMC menyediakan beasiswa ke perguruan tinggi negeri bagi siswa berprestasi dan alumni LDKS," kata Enda.

    Di tempat sama, Pembina Yayasan SMC, Saan Mustopa menyatakan, LDKS yang dia ciptakan ini didedikasikan untuk menumbuhkan 'leadership' siswa.

    Dijelaskan Saan Mustopa, LDKS ini mengajarkan kondisi yang ada di luar dinding sekolah, maksudnya mengajarkan siswa menganalisis dan beradaptasi nyata di luar sekolah, ini untuk menumbuhkan kepekaan dan kepedulian siswa terhadap lingkungannya.

    "Kedepan, peserta LDKS ini harus punya modal 'social capital', tidak hanya kenal satu sekolah, tetapi memiliki jaringan dengan sekolah lain," kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini.

    Maka, kata Saan, harus dipahami LDKS ini juga untuk membangun jaringan pertemanan dan persahabatan, juga kepercayaan. Sebab, kedepan bangsa ini harus punya generasi pekerja keras, yang memiliki jaringan sosial luas.

    20 tahun yang akan datang, peserta LDKS ini akan tiba pada kesuksesannya di bidang masing-masing, ada yang jadi akademisi, politisi juga profesional.

    "Semua akan mencapai puncak yang sama, yaitu kesuksesan," ucapnya.

    Untuk itu, LDKS ini adalah tempat berinteraksi untuk menumbuhkan kemampuan analisis, menjadi generasi yang optimis, pekerja keras dan mampu menaklukan tantangan di sekitarnya.

    Pembukaan LDKS dihadiri para kepala SMA/SMK, mereka apresiasi dengan kegiatan LDKS yang rutin di laksanakan politisi Partai NasDem, Saan Mustopa. (spn)
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +