Iklan

Wabup Karawang Minta Menteri Evaluasi Panen Padi 3 Kali

Jumat, 19 Januari 2018
KARAWANG, KarawangNews.com - Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari (Jimmy) menilai, kebijakan menteri pertanian dianggap kurang tepat soal tanam padi di wilayah Karawang dilakukan tiga kali setahun, sebab akan berdampak pada kesuburan tanah dan menyebabkan kegagalan panen.

"Kepada menteri pertanian, mohon kebijakan ini dievaluasi, kalau mau tiga kali, yang satu harusnya tanam palawija, kemarin (kunjungan menteri ke Karawang, red)  datang ke tempat bagus saja, sedangkan yang lainnya kena hama," kata Jimmy, di sela sidak kebutuhan beras di Pasar Johar Karawang, Selasa (16/1/2018) siang.

Kata dia, saat ini Karawang mengalami gagal panen yang mencapai ratusan hektar sawah. Kegagalan ini terjadi oleh beberapa faktor, diantaranya kondisi tanah yang jenuh akibat tidak ada jeda tanam dan siklus kehidupan hama wereng yang tidak putus akibat sawah dipaksa tanam padi terus-menerus.

Dengan begitu, kebijakan tanam padi tiga kali dalam setahun oleh menteri dianggap merugikan petani. Diakuinya, pemerintah memang mempercepat tanam padi untuk mengamankan stok beras nasional, tetapi kenyataannya gagal panen dan  pemerintah malah impor beras. (had/spn)
Kolom netizen

Buka kolom netizen

Lentera Islam


 "Dari Anas bin Malik RA, ia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa menjadikan akhirat tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kekayaannya di dalam hatinya. Dia akan mengumpulkan segala urusannya yang tercerai berai, dan dunia datang padanya dalam keadaan hina. Dan barang siapa menjadikan dunia tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kefakiran berada di depan matanya. Dia akan mencerai-beraikan segala urusannya yang menyatu, dan tidak datang kepadanya dari dunia kecuali sekadar yang telah ditakdirkan baginya." (HR. Tirmidzi)

Berita Terbaru