Iklan

Dibekali Bahasa Jepang, Lulusan Ristek Siap Kerja

Rabu, 23 November 2016
KARAWANG, KarawangNews.com - Tak hanya teori dan praktek mesin, siswa SMK Ristek Karawang dibekali kemampuan berbahasa Jepang sebelum bekerja di perusahaan asing.

"Jika bekerja pada perusahaan Jepang minimal bisa berkomunikasi dengan pimpinannya di perusahaan," kata Kepala SMK Ristek, Drs. Darsono Sumedi, M.M, Rabu (23/11/2016) di ruang kerjanya.

Dia menjelaskan, jika tidak mengetahui bahasa asing, maka banyak masalah yang dihadapi lulusan Ristek di dunia kerjanya. Maka, bahasa asing termasuk Bahasa Jepang benar-benar diterapkan kepada siswa, agar mereka tidak mengalami kendala komunikasi bahasa.

Mata pelajaran Bahasa Jepang di sekolah ini diberikan untuk kelas 11 dan kelas 12, pelajaran bahasa ini sudah diajarkan sejak tahun 2003, empat tahun setelah SMK Ristek berdiri tahun 1999.

Tercatat, jumlah siswa kelas 12 sebanyak 296 orang kelas 11 sebanyak 315 orang. Sekolah ini memiliki lima jurusan, yaitu Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Pemeliharaan Mesin dan Teknik Elektronika Industri.

Sampai saat ini, SMK Ristek belum pernah dikunjungi langsung pengajar dari warga Jepang. Beda dengan Bahasa Inggris, telah mendatangkan warga Amerika untuk memberikan materi Bahasa Inggris di sekolah ini. (spn)
Kolom netizen

Buka kolom netizen

Lentera Islam


 "Dari Anas bin Malik RA, ia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa menjadikan akhirat tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kekayaannya di dalam hatinya. Dia akan mengumpulkan segala urusannya yang tercerai berai, dan dunia datang padanya dalam keadaan hina. Dan barang siapa menjadikan dunia tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kefakiran berada di depan matanya. Dia akan mencerai-beraikan segala urusannya yang menyatu, dan tidak datang kepadanya dari dunia kecuali sekadar yang telah ditakdirkan baginya." (HR. Tirmidzi)

Berita Terbaru