• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    PT Pupuk Kujang Berangkatkan 5 Bus Mudik Gratis

    Minggu, 07 April 2024

     


    Progresif.id – Ratusan warga berangkat mudik gratis yang difasilitasi PT Pupuk Kujang Cikampek, Sabtu (6/4/2024) pagi. Pupuk Kujang sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini memberangkatkan sebanyak 5 bus dan elf tujuan beberapa daerah di Priangan, daerah jalur Pantai Utara (Pantura) dan beberapa daerah lainnya di jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa Barat.


    Direktur Utama PT Pupuk Kujang, Maryono mengatakan, pihaknya sudah cek kelayakan dan kesehatan semua sopir armada, semua dalam kondisi prima. Bahkan, perusahaan ini juga menyediakan cemilan dan makanan berbuka puasa bagi pemudik, termasuk obat-obatan yang disediakan di semua armada.



    "Semua bus dan sopir dalam kondisi prima," jelasnya, saat melepas pemudik pulang ke kampung halaman masing-masing.


    Kata dia, fasilitas mudik gratis yang disiapkan PT Pupuk Kujang ini mengikuti program yang diinisiasi Kementerian BUMN, agar tiap perusahaan BUMN memberikan layanan mudik gratis, untuk memberi kenyamanan kepada masyarakat yang pulang kampung menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.


    Seorang pemudik asal Kalihurip Cikampek, Susilawati mengatakan, dengan ikut mudik gratis ini dia bisa menghemat ongkos transportasi pulang pergi dari Karawang ke kampung halamannya hingga Rp 1 juta.


    "Lebih hemat, uangnya bisa dipakai untuk kepentingan lain," kata dia.


    Serupa dikatakan warga Cikampek, Dadang, ia jauh hari sudah mendaftarkan ikut mudik gratis bersama BUMN, karena fasilitasnya. Semula, ia akan mudik dengan kendaraan sepeda motor, tapi setelah dipikirkan risiko di perjalanan, ia akhirnya memutuskan mudik naik bus gratis tujuan Ciamis.


    "Mudik bersama BUMN rasanya lebih nyaman, tidak kepanasan dan tidak perlu khawatir copet, fasilitas mudik gratis ini seperti piknik,” ujarnya.  


    Fasilitas mudik gratis tahun ini, PT Pupuk Kujang menyediakan bus tipe High Decker Double Glass (HDGG), bus jenis ini dilengkapi dengan suspensi udara yang bisa membuat penumpang lebih nyaman. 


    Tak hanya itu, di dalam armada mudik ini terdapat fasilitas dispenser dan entertaiment, hiburan yang disediakan untuk memanjakan penumpang selama perjalanan mereka. 


    Program mudik gratis merupakan kegiatan tahunan perusahaan jelang idul Fitri, untuk membantu masyarakat agar bisa mudik dengan aman dan nyaman, program yang diinisiasi Kementerian BUMN ini diharapkan bisa meringankan beban jalan. 


    Mudik lebaran tahun 2024 ini menjadi mudik terbesar sepanjang sejarah, alhasil beban jalan meningkat drastis saat arus mudik dan arus balik saat ini. Maka, melalui program mudik gratis ini, diharapkan turut mengurangi beban jalan yang tinggi. 


    AVP Administrasi Pelaporan dan Keuangan, Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang juga sebagai Ketua pelaksana Mudik Gratis Bersama BUMN di Pupuk Kujang, Arief Riyadhi menyatakan, tahun ini awalnya Pupuk Kujang menyediakan 200 kursi mudik gratis, tapi karena animo dan permintaan masyarakat yang masih tinggi, akhirnya kuota penumpang ditambah. 


    “Akhirnya kami tambah dari awalnya 200 penumpang menjadi 250 penumpang,” kata Arief. [hl/KP]

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +