• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Ini Prestasi PT Sharp Electronics Indonesia Selama 10 Tahun di Karawang

    Sabtu, 24 Februari 2024
    Sharp 10th Year Factory Anniversary Carnival


    Progresif.id - Pabrik PT Sharp Electronics Indonesia di Karawang International Industrial City (KIIC) Jawa Barat menggelar program Sharp 10th Years Factory Anniversary Carnival dengan konsep pesta rakyat, Sabtu (24/2/2024).


    Pesta rakyat di pabrik Sharp Electronics Indonesia yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga 18.00 WIB ini menghadirkan acara menarik bagi seluruh karyawan serta masyarakat sekitar kawasan KIIC. 


    Di pabrik ini, Sharp menghadirkan pesta kuliner dan permainan anak-anak, juga photowall, cek kesehatan gratis, games seru berhadiah dan penanaman pohon, juga donor darah yang difasilitasi Palang Merah Indonesia (PMI).


    Tidak hanya itu, PT Sharp Electronics Indonesia membuka stand elektroniknya dengan penawaran promo, seperti diskon hingga 35%, belanja dengan cicilan 0% dan potongan jasa perawatan produk hingga 50%. 


    Diskon produk Sharp


    Pada kesempatan jumpa pers, Presiden Direktur, PT Sharp Electronics Indonesia, Shinji Teraoka menyampaikan, Sharp mengawali kehadirannya di KIIC Jawa Barat dengan mendirikan pabrik mesin cuci dan lemari es pada tahun 2014, disusul dengan pabrik TV pada 2016 dan pabrik AC pada tahun 2023.


    Kata dia, selama 10 tahun ini pabrik Sharp beroperasi dan telah meraih berbagai pencapaian yang sangat luar biasa, diantaranya memproduksi sebanyak 20 juta televisi di tahun 2016.


    "Di tahun 2016 Sharp memulai memproduksi televisi di pabrik Karawang untuk memenuhi permintaan pasar, televisi LCD ukuran kecil dan sedang," jelasnya. 


    Produk Sharp jadul


    Pada Oktober 2016, PT Sharp Electronics Indonesia berhasil menorehkan prestasi dengan memproduksi sebanyak 20 juta televisi pertamanya dan merilis dua 'line up' TV LED baru LC-40LE185i dan LC-40 LE185I-WH yang diproduksi di pabrik Karawang. 


    Masih di tahun 2016, PT Sharp Electronics Indonesia di KIIC ini berhasil memproduksi sebanyak 10 juta mesin cuci, setelah sebelumnya memproduksi sebanyak 3 juta mesin cuci di tahun 2014. Lalu, pada tahun 2023, pabrik elektonik ternama di Indonesia ini sukses memproduksi sebanyak 25 juta lemari es.


    Pada Agustus 2023 Sharp meresmikan pabrik AC di Karawang, kapasitas produksi pabrik ini di tahun pertama 900.000 unit per tahun dan terus menambah kapasitas produksi sejalan dengan perkembangan bisnis hingga 1,2 juta unit per tahun nya.


    Wakil Presiden PT Sharp Electronics Indonesia, Masataka Ohnishi  mengatakan, selain fokus mengembangkan bisnisnya, Sharp memilki komitmen yang kuat untuk dapat berkontribusi secara positif kepada lingkungan dan masyarakat. 


    Pembukaan Sharp 10th Years Factory Anniversary Carnival


    Hal ini dibuktikan dengan beberapa pembangunan pabrik yang mengusung konsep super green factory, seperti penggunaan sky light rooftop yang memungkinkan pabrik ini tidak perlu menyalakan lampu saat siang hari.


    Juga, pemasangan 360 unit solar panel untuk menyuplai sebagian kebutuhan daya listrik pabrik, penggunaan lampu LED untuk mengurangi penggunaan listrik.


    "Kami konsisten dalam mengelola limbah pabrik, seperti air, sampah dan organik yang dihasilkan dari aktifitas produksi pabrik," jelasnya.


    Dijelaskan National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Andry Adi Utomo, perusahaannya sudah sangat ramah lingkungan dan sangat ramah limbah. 


    Andry Adi Utomo (kiri) dan Eka Sanantha.


    "Pabrik kami sesuai peraturan pemerintah, lemari es pun sudah sertifikasi halal," ucapnya.


    Kata dia, bahan pembersih pada lemari es yang dibuat PT Sharp Electronics Indonesia sebelumnya menggunakan cairan alkohol dan kini sudah diganti, sehingga lemari es Sharp 'zero' karbon aktif.


    Pabrik ini juga, kata Andry, mempekerjakan 70 hingga 80 persen warga yang ber-KTP Karawang, juga menggandeng Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) untuk 'join' teknisi dan pelatihan, juga menerima magang bagi siswa SMK.


    Di tempat sama, Asisten Daerah (Asda) 1 Pemkab Karawang, Eka Sanantha menyampaikan, pabrik Sharp ini sudah banyak berkontribusi dari perputaran belanja para karyawannya yang masuk ke kas daerah.


    "Pemerintah daerah sangat mensuport pabrik ini, pabrik ini tak hanya menyerap tenaga kerja Karawang, perusahaan juga menguntungkan usaha lainnya, seperti catering juga untuk para gojek," ujarnya.


    Kata Eka, perputaran ekonomi masyarakat Karawang mencapai 70 persen itu berada di wilayah kecamatan yang memiliki industri. Apalagi, PT Sharp mau bekerjasama dengan Pemkab Karawang terkait pelatihan teknisi AC. Sehingga, warga Karawang bisa menjadi teknisi AC untuk layanan jasa bagi warga lainnya.


    Panggung pesta rakyat PT Sharp.


    Kepala Disnakertrans Kabupaten Karawang, Rosmalia Dewi juga menyampaikan, menurut catatannya sudah 80 persen warga Karawang menjadi tenaga kerja di pabrik Sharp.


    Untuk menunjang tenaga kerja sesuai kriteria perusahaan, Disnakertrans juga berupaya mempersiapkan tenaga kerja di sekolah-sekolah SMK dan Disnakertrans akan menjadi jembatan bagi lulusan sekolah untuk masuk kerja ke industri.

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +