• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Saan Mustopa Bantu 380 Rumah Layak Huni untuk Warga Karawang

    Selasa, 10 Oktober 2023
    Saan Mustopa silaturahmi kepada penerima BSPS di Rawamerta, Karawang.


    Progresif.id - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa silaturahmi kepada penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kecamatan Rawamerta, Karawang, Jawa Barat, Selasa (10/10/2023) malam.


    Penerima BSPS di kecamatan ini sebanyak 40 kepala keluarga (KK), sebanyak rumah tersebut sudah dibangun di tahun anggaran 2022 dan 2023 secara bertahap, total BSPS yang diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Karawang sebanyak 380 rumah.


    Pada kesempatan silaturahmi ini, Saan Mustopa meminta agar warga penerima BSPS atau rumah tinggal layak huni (rutilahu) menjaga dan merawat rumahnya, agar memberikan berkah kepada penghuninya


    Kata dia, meski warga saat ini tinggal di rutilahu, tidak menutup kemungkinan akan menjadi rumah mewah pada 10-20 tahun kemudian, hal itu tergantung mereka sebagai orangtua memperjuangkan pendidikan bagi putra-putrinya.


    "Meski saat ini tinggal di rutilahu, tapi di masa yang akan datang bisa memiliki rumah mewah, itu kalau anak-anaknya sukses," kata Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat ini.


    Dikatakan Saan Mustopa, warga yang telah menerima rutilahu jangan terlena dan putus asa, harus semangat memperjuangkan pendidikan bagi putra-putrinya.


    "Saya harap putra-putri ibu-bapak memiliki motivasi belajar untuk merubah kehidupan menjadi lebih baik di masa depan," kata Saan Mustopa.


    Pernah hidup miskin tinggal di rumah bilik bolong 


    Sebagai motivasi kepada warga, Saan Mustopa bercerita, masa kecilnya hingga lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), dia hidup di bawah garis kemiskinan, rumah bilik bolong-bolong, genting terbang jika tertiup angin dan di dalam rumahnya becek jika hujan.


    Tak hanya itu, makan pun tak pernah mewah, hanya alakadarnya, nasi bertabur garam dan ikan asin, dia pun dikenal tetangganya sebagai pengembala kambing.


    Meski kehidupannya miskin, Saan Mustopa tidak berputus asa untuk menimba ilmu hingga perguruan tinggi, hingga akhirnya pendidikan mengubah taraf hidupnya, prestasi yang dia raih mengantarkannya hingga menjadi anggota DPR RI saat ini.


    "Jangan lihat saya sekarang, waktu saya berusia anak-anak hingga SMA, kehidupan saya serba susah dengan rumah yang tidak layak, bahkan makan pun hanya nasi dengan garam yang digoreng," kata Sekretaris Fraksi Partai NasDem DPR RI ini.


    Pengalaman masa kecilnya membekas hingga saat ini, maka di jabatannya saat ini dia terus berupaya membantu pelajar lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikan hingga universitas, melalui bantuan beasiswa dari anggaran pribadi.


    "Sebagai rasa syukur, saya saat ini membantu beasiswa dan membangun rumah-rumah warga tidak mampu menjadi layak huni," ucapnya.


    Dia menyebutkan, hingga kini telah memberikan beasiswa kuliah kepada 75 lulusan sekolah SMA/SMK dari Karawang dan Bekasi.


    Tak hanya pendidikan, Saan Mustopa juga membangun rumah-rumah warga yang tidak layak huni, termasuk BSPS dari anggaran pemerintah.


    "Saya dulu bukan siapa-siapa, tetapi pendidikan yang sudah mengantarkan saya jadi anggota DPR RI saat ini," jelasnya.


    Dengan begitu, di hadapan warga yang mendapatkan BSPS, Saan Mustopa memotivasi agar mereka memprioritaskan pendidikan bagi putra-putrinya, sebab dari pendidikan akan mengubah kehidupan menjadi lebih baik.

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +