• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Waspada Flu Burung Varian Baru!

    Rabu, 01 Maret 2023
    foto ilustrasi ayam.


    Progresif.id - Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat Arifin Soedjayana menegaskan, belum ditemukan kasus flu burung H5N1 varian 2.3.4.4b seperti yang merebak di beberapa negara Eropa, Amerika dan Kamboja telah menular ke manusia. 

    Avian Influenza (AI) yang terdeteksi di Jawa Barat adalah varian H5N1 biasa yang relatif masih belum berbahaya, yakni di Kota Cirebon dan Kota Cimahi.

    Konfirmasi flu burung biasa ini hasil dari laboratorium Balai Veteriner Subang yang kemudian dikirimkan ke Kementerian Kesehatan.

    Meski begitu, diperlukan kewaspadaan baik itu dari jajaran kesehatan hewan, peternak unggas, maupun masyarakat untuk mengantisipasi H5N1 varian terbaru.

    Menurut Arifin Soedjayana, kewaspadaan terutama untuk menghindarkan kerugian ekonomi akibat kematian massal unggas.

    Kemudian, memastikan kebutuhan daging unggas masyarakat cukup, serta penularan virus dari unggas ke manusia atau zoonosis.

    "Kepada seluruh jajaran kesehatan hewan diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berkembangnya penyakit Avian Influenza," ujar Arifin Soedjayana, ketika dihubungi, Selasa (28/2/2023).

    DKPP Jawa Barat telah melakukan beberapa langkah untuk mencegah flu burung varian baru 2.3.4.4b. 

    Pertama, kata Arifin, meningkatkan komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat, juga kepada peternak unggas, agar segera melapor kepada petugas kesehatan hewan terdekat, bila menemukan unggas sakit atau mati mendadak.

    Kedua, jajaran kesehatan hewan segera merespons laporan masyarakat dengan prinsip 3 cepat, yakni deteksi cepat, lapor cepat dan respons cepat, sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) pengendalian flu burung.

    Ketiga, meningkatkan pembinaan dan pendampingan peternak, untuk menerapkan tindakan biosekuriti, guna mencegah masuk kuman penyakit ke peternakan unggas.

    "Peternakan unggas komersial skala kecil dan menengah agar menerapkan Biosekuriti 3 Zona sebagai model percontohan bisekuriti sederhana, hemat, praktis dan efektif," kata Arifin.

    Keempat, pendampingan peternak untuk melakukan vaksinasi AI 3 tepat, yakni tepat vaksin, tepat program ulangan dan tepat teknik vaksinasi.

    Ditambahkan Arifin, vaksinasi AI pada itik dianjurkan menggunakan vaksin AI subtipe H5N1 clade 2.3.2. Pada ayam petelur vaksin clade 2.1.3 atau clade 2.3.2, juga bisa menggunakan vaksin kombinasi clade 2.1.3 dan clade 2.3.2 produksi nasional.

    Tak kalah pentingnya, pencegahan ini harus meningkatkan pembinaan penerapan sanitasi pada sepanjang rantai pemasaran unggas, guna memutus rantai penyebaran virus.

    Kepada masyarakat peternak, diimbau menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti menggunakan masker saat menangani unggas hidup atau mati.

    "Setelahnya mencuci tangan dan kaki dengan air dan sabun," jelasnya.

    Langkah ketujuh, pengadaan anak ayam atau Day Old Chick (DOC) dihimbau berasal dari kompartemen 'breeding farm' yang telah memiliki sertifikat bebas flu burung.

    Kedelapan, kata Arifin, berkoordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten/kota jika ditemukan masyarakat yang mengalami gejala mirip flu di sekitar tempat kejadian kasus yang diduga AI.

    Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner DKPP Jabar drh. Supriyanto mengatakan, pengendalian petugas dan peternak untuk antisipasi flu burung, masih dilakukan seperti dalam Surat Edaran Kewaspadaan AI dari Kepala DKPP Jawa Barat.

    Kendari begitu, ia bersyukur H5N1 varian 2.3.4.4b belum muncul di Indonesia, mengingat vaksin khusus H5N1 clade 2.3.4.4b belum ada di Indonesia.
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +