• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Sabil Akbar Tak Pernah Lupakan Dhuafa dan Yatim

    Rabu, 02 November 2022

    Dok foto lama, Sabil Akbar dan Charlie Van Houten di Cikampek tahun 2018.

    Progresif.id - Sabil Akbar, kelahiran Subang 29 Agustus 1990, di usianya kini 32 tahun, pria lulusan Universitas Jendral Ahmad Yani, Jurusan Politik di Bandung tahun 2014 ini merupakan Bendahara DPW Partai NasDem Provinsi Jawa Barat. 


    Ayah empat anak ini kini menjabat sebagai Wakil Ketua 1 DPRD Provinsi Jawa Barat. Hingga kini, Sabil akbar menjadi anggota parlemen yang dikenal di daerah pemilihan (Dapil) X, yaitu Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta.


    Sabil masuk Partai NasDem pada tahun 2016 lalu dan Sabil bertekad bisa memberikan kontribusi besar untuk masyarakat di masa jabatannya ini.


    Diakuinya, sebelum terjun ke partai, dia memang sudah sering berbagi kasih kepada yatim dan jompo. Hal itu dilakukan berkaca pada dirinya sendiri sebagai seorang yatim sejak dia usianya 7 tahun, hingga dewasa dia bersama ibunya Nuryanti Hamidah yang memiliki usaha perhotelan.


    Mengikuti jejak ayahnya, Alm. Ade Harun Al Rasyid, yang berdarah Sunda Tasikmalaya, yaitu Mantan Menteri Departemen Sosial di era 80-an, zaman pemerintahan Soeharto, beliau adalah tokoh nasional yang berpengaruh di eranya, 


    Sabil pun punya motivasi berpolitik ini mendedikasikan sebuah pemikiran untuk kesejahteraan bagi kepentingan masyarakat dalam sektor pembangunan yang lebih visioner.


    Tentu saja, kiprah politiknya ini didukung istri, Maharani, yang juga seorang wirausaha. Dari usaha yang mereka bangun berdua itu, keduanya menyisihkan rejekinya untuk menyantuni yatim dan duafa. 


    Santunan ini mereka lakukan hampir merata di tiap wilayah Kabupaten Karawang, Purwakarta dan Subang.


    "Merasa diri sendiri (sebagai anak yatim juga, red) ketika menyantuni anak yatim," kata Sabil.


    Sabil Akbar yang juga Komisaris Utama PT Bimma Putera Perkasa ini pernah mengenyam pendidikan SD di Tirtawinaya Tanjungrasa Subang, pernah pesantren di Al Jaitun di Kabupaten Indramayu, MTsN Jatisari Karawang lulus tahun 2005, kemudian SMAN 1 Ciasem Subang dan sempat pindah ke SMAN 1 Cikampek, lulus tahun 2008. 


    Selain itu, Sabil pernah menjadi atlet unggulan billiard Jawa Barat mewakili Karawang pada tahun 2010, dia atlet terbaik di Kabupaten Karawang di bawah naungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).


    Dia juga pernah pernah membuat single album di Akurama Record, featuring Ruhdiyath RB, penyanyi Melayu Malaysia, juga pernah duet bersama grup Angkasa Band. Tak hanya itu, Sabil diketahui sebagai pemuda yang supel di beberapa komunitas otomotif mobil dan motor.


    Hingga kini, setiap acara santunan, Sabil selalu mengundang artis ternama, diantaranya Charlie ST 12 yang diketahui teman dekat Sabil. Artis ini juga selalu hadir menjadi penghibur bagi anak-anak yatim dan masyarakat di lingkungan Sabil Akbar, bahkan di saat reses dan momen tertentu.


    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +