• Jelajahi

    Copyright © Progresif.id - Berita Inspiratif
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Purwakarta untuk Indonesia Terus Galang Dana Kemanusiaan

    Rabu, 09 Februari 2022


    Progresif.id - Setelah sukses aksi peduli kemanusiaan pada 15 Januari 2022 untuk bencana Gunung Semeru, Bela Purwakarta Jawa Barat terus melakukan penggalangan dana yang disebut Purwakarta untuk Indonesia.

    Koordinator Bela Purwakarta, Aa Komara Cakradiparta menyampaikan, sejumlah masyarakat yang tergabung dalam aksi kolaborasi peduli kemanusiaan, telah sukses menggelar program yang bertajuk Purwakarta untuk Indonesia pada 15 Januari 2022 lalu.

    Kata dia, kegiatan tersebut diinisiasi gabungan komunitas dan organisasi dalam wadah silaturahmi dan koordinasi yang disebut Bela Purwakarta, Jawa Barat.

    Kata Aa Komara, kegiatan Purwakarta untuk Indonesia ini merupakan lanjutan kegiatan dari penggalangan dana  Purwakarta untuk Semeru, yang sebelumnya sudah terlaksana dan telah didistribusikan melalui Aksi Cepat Tanggap perwakilan Purwakarta, dana yang terkumpul untuk peduli Semeru sebesar Rp28 juta.

    Aksi buka donasi ini, kata Aa Komara, mengingat perkembangan situasi nasional dengan bertambahnya titik bencana, diantaranya gempa bumi di Kepulauan Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kepulauan Selayar Provinsi Sulawesi Selatan.

    Juga banjir bandang di Pandeglang Provinsi Banten, serta bencana di wilayah nusantara lainnya, termasuk membantu proses recovery dampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur.

    "Kami memperluas target donasi tersebut hingga tema kegiatan menjadi Purwakarta untuk Indonesia," jelasnya.

    Namun tidak hanya peduli Nusantara,  pihaknya pun mengalokasikan hasil donasi ini untuk membantu warga masyarakat Purwakarta yang darurat membutuhkan pertolongan.

    "Seperti yang terdampak bencana alam, yang sedang sakit dan butuh perawatan, dengan kriteria warga yang benar-benar tidak mampu secara finansial," ucapnya.

    Untuk memaksimalkan donasi, Bela Purwakarta memperluas kolaborasi lintas sektoral di antaranya dengan Polres Purwakarta dengan melibatkan Kapolres Purwakarta sebagai Icon Solidarity Maker.

    Juga, melibatkan Dinas Pendidikan dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)  yang membantu menggerakkan donasi di kalangan pelajar dan guru serta sejumlah pihak lainnya. 

    Puncak Kegiatan dilaksanakan di Stadion Purnawarman dengan menggelar pertandingan amal sepak bola antara Legend Timnas Persib melawan Persipo klub sepakbola resmi milik Kabupaten Purwakarta, serta konser amal yang melibatkan para musisi dan seniman Purwakarta.

    Juga dipertunjukan berbagai atraksi kreativitas dari sejumlah komunitas Purwakarta, dimeriahkan pula dengan digelarnya bazaar produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Purwakarta, yang hasilnya juga didonasikan untuk giat galang dana ini. 

    "Kegiatan di Stadion Purnawarman merupakan Ikhtiar kami dalam melaksanakan penggalangan dana dengan format yang lebih elegan, yaitu dengan cara masyarakat membeli tiket yang merupakan bentuk dari donasi," jelasnya.

    Dia juga aspresiasi kepada warga Purwakarta yang telah berprestasi mengharumkan nama Purwakarta, seperti Kirana Anandita yang merupakan jebolan finalis Indonesian Idol, Salim Alaydrus termasuk Eka Ramdani yang berprestasi di dunia sepak bola nasional.

    Donasi yang terkumpul dari seluruh rangkaian acara Purwakarta untuk Indonesia sebesar Rp60 juta dan jika diakumulasi dengan tahap galang dana sebelumnya menjadi Rp88 juta.

    Menurut laporan ACT Purwakarta, jika diakumulasikan dengan donasi berupa barang sejak galang dana tahap pertama Peduli Semeru, masyarakat Purwakarta telah mendonasikan lebih dari seratus juta rupiah, untuk sesama anak bangsa yang terdampak bencana di nusantara. 

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    “Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat spesial, hari demi harinya, jam demi jam, menit demi menit bahkan detik demi detiknya sangat spesial. Semoga bulan ini benar-benar menggugah dan mengubah diri kita menjadi hamba yang benar-benar yakin kepada Allah, dan menjadi hamba yang penuh manfaat bagi makhluk-makhluk Allah lainnya. Selamat menikmati jamuan Allah di bulan Ramadhan ini dan semoga kita bisa benar-benar menjadi orang yang haqqul yaqin kepada Allah serta terpilih menjadi orang yang beruntung di bulan yang Suci ini' [Aa Gym]

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +