• Jelajahi

    Copyright © Progresif.id - Berita Inspiratif
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Pemuda Pancasila Gelar Donor Darah dan Santuni Yatim

    Senin, 13 Desember 2021


    Progresif.id - Pemuda Pancasila PAC Purwasari menggelar donor darah dan santunan anak yatim di Desa Sukasari, Kecamatan Purwasari, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (11/12/2021) siang.

    Ketua PP PAC Purwasari, Agip Herliagi menjelaskan, kegiatan donor darah pertama ini melibatkan 50 pendonor dari Pemuda Pancasila,  Bersedekah Darah (Berserah) dan Karang Taruna setempat.

    "Hari ini sekitar 50 peserta yang mendonorkan darahnya, kita kerjasama dengan organisasi Berserah, Insya Allah  ini akan jadi kegiatan rutin," jelasnya.

    Kata dia, donor darah ini sebagai sumbangsih masyarakat Desa Sukasari, mengingat banyak warga di desa ini yang setiap waktu membutuhkan darah di rumah sakit.

    "Kita merasakan, bagaimana sulitnya ketika pasien butuh darah, makanya kita dari warga Sukasari melaksanakan donor darah sebagai upaya pemenuhan stok darah Palang Merah Indonesia (PMI)," ucapnya.

    Di tempat sama, Founder Berserah, Tarman Sutisna menjelaskan, organisasi yang dia bentuk sejak Mei 2020 ini sudah memiliki 400 relawan dari Kabupaten Karawang, Purwakarta dan Subang yang siap menyumbangkan darahnya untuk PMI.

    "Relawan yang kita bentuk untuk membantu PMI, hari ini kita kerjasama dengan Karang Taruna Desa Sukasari," ujarnya.

    Dia menjelaskan, organisasinya ingin mensosialisasikan donor darah ini sehat dan penting. Relawan Berserah ini mendonorkan darahnya untuk pemenuhan kebutuhan pasien, bukan untuk stok PMI.

    "Lebih pemenuhan darah pasien, relawan siaga kapanpun ketika mereka diminta mendonorkan darahnya," kata Tarman.

    Ketua Karang Taruna Desa Suksari, Sulaeman berharap, kegiatan ini bisa berkelanjutan dan bermanfaat untuk umum. Di desanya, sebanyak 10 anggota Karang Taruna desa dilibatkan untuk mendonorkan darahnya.

    Hal senada dikatakan Ketua Karang Taruna Kecamatan Purwasari, Candra Caniago, di apresiasi dengan kegiatan yang dilakukan Pemuda Pancasila di Desa Sukasari

    "Saya meminta Karang Tarun agar membuk diri kerjasama dengan organisasi lain, termasuk donor darah ini," jelasnya.

    Tokoh Pemuda Pancasila Kabupaten Karawang, Rahmat Gunadi menyampaikan, antusiasme desa ini cukup tinggi, dia harap silaturahmi di lingkungan Pemuda Pancasila ini menjadi titik balik kegiatan yang sudah lama tertunda akibat pandemi Covid-19.

    "Semoga kegiatan ini bermanfaat di masa mendatang, terutama bagi pasien yang butuh darah," jelasnya.

    Usai donor darah, sebanyak 50 anak yatim desa setempat mendapat santunan dari Pemuda Pancasila Kecamatan Purwasari. [spn]
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah: 153)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +