• Jelajahi

    Copyright © Progresif.id - Berita Inspiratif
    Berita aktual tepercaya

    Iklan




    Rumah Sakit Penuh, Gubernur Minta Desa Siapkan Tempat Isolasi Pasien Covid-19

    Sabtu, 26 Juni 2021

    PURWAKARTA, Progresif.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta desa dan kelurahan di Jawa Barat menyediakan tempat dan ruang isolasi bagi pasien Covid-19, pasien tanpa gejala hingga bergejala sedang.

    "Mudah-mudahan dengan konsep ini dapat menurunkan tingkat keterisian rumah sakit, turun jadi 70 persen," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, saat meninjau RSUD Bayu Asih, Kabupaten Purwakarta, Kamis (24/6/2021).   

    Dia membolehkan warga melaksanakan isolasi mandiri, tetapi harus memiliki ruangan khusus sendiri dan tidak boleh berdekatan dengan anggota keluarga lainnya, khawatir serumah kena virus semua.

    Meski begitu, Kang Emil mengingatkan, agar isolasi mandiri disertai kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan 5 M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi interaksi.

    "Kepala desa agar gencar mengedukasi dan mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat," ucapnya.

    Berdasarkan data, pada 20 Juni 2021, tingkat keterisian rumah sakit rujukan Covid-19 di Jawa Barat mencapai 86,03 persen, ada daerah yang tingkat keterisian rumah sakit mencapai 90 persen. 

    Di Jawa Barat, ada lima rumah sakit rujukan dengan tingkat keterisian tinggi, yaitu Majalengka 95,51 persen, Bandung 92,66 persen, Purwakarta 92,58 persen,  Karawang 91,29 persen dan Kota Cimahi 88,43 persen. [rls/spn]

    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu" (QS Al Baqarah: 45)

    Berita Terbaru

    Kesehatan

    +