• Jelajahi

    Copyright © Progresif.id - Berita Inspiratif
    Berita aktual tepercaya

    Iklan




    Lampu Indikator Mobil yang Wajib Diketahui

    Rabu, 23 Juni 2021

    Dashboard speedometer mobil. Foto: net.


    Progresif.id - Lampu indikator mobil yang menyala di dasboard spedometer terus menerus berarti secara langsung menginformasikan ada masalah di bagian tertentu, jika itu terjadi, yang harus dilakukan adalah menghentikan laju kendaraan kemudian mengecek bagian yang ditunjuk oleh lampu tersebut.


    Temperatur

    Jika indikator temperatur di mobil menyala, maka mengindikasikan suhu mesin terlalu panas, biasanya menyebabkan kendaraan yang sedang dikendarai  tiba-tiba mogok. Solusinya cek radiator mesin, kemungkinan airnya kurang sehingga menyebabkan panas berlebihan atau 'over heat'.


    Tekanan Oli

    Salah satu jenisnya yang cukup membantu adalah indikator tekanan oli, indikasinya maka mesin kendaraan kekurangan oli. Maka, segera tambah oli mesin.


    Bensin

    Nah, lampu indikator ini yang pastinya sering dilihat, dari lampunya saja sudah diketahui kendaraan butuh bahan bakar minyak. Jika lampu ini menyala, segera cari pom bensin. Seandainya jarak ke tempat pengisian bensin masih jauh, maka yang harus dilakukan adalah matikan AC untuk menghemat bahan bakar. Makanya, kalau bepergian jauh pastikan bensin penuh.


    Sabuk Pengaman

    Biasanya pengemudi yang lalai keselamatan akan melupakan memakai sabuk pengaman, maka lampu indikator ini yang akan terus menyala, hingga pengemudi dan penumpang memakainya. Selain lampunya yang berkedip, indikator ini akan mengeluarkan bunyi peringatan.


    Pintu

    Banyak kejadian penumpang jatuh ketika mobil melaju, itu disebabkan pintu yang tidak rapat. Untuk itu, perusahaan otomotif memberi indikator khusus pintu, sebagai peringatan kepada pengemudi jika ada bagian pintu kendaraannya yang belum tertutup rapat.


    Baterai

    Apabila indikator baterai atau aki ini menyala, itu mengindikasikan ada permasalahan di bagian aki. Biasanya disebabkan aki rusak atau pemasangan kabel yang buruk. Jangan lama-lama dibiarkan, segera perbaiki atau nanti mobilnya mogok tidak bisa distarter.


    Rem

    Setelah starter, jangan nyelonong aja, lihat terlebih dahulu ke dasboar spedometer, kalau indikator ini menyala, tandanya rem tangan masih aktif. Cepetan turunkan tuas rem tangannya, jangan sampai ampas rem aus. Jika mobil ngebut dalam kondisi rem tangan aktif, ban bisa terbakar, bahaya. Lagi pula, mobil akan terasa berat ketika digas, karena rem masih mencekram piringan atau tromol roda.


    Kunci

    Sistem ini biasanya ada pada mobil dengan sistem immobilizer, kunci ini ditanami 'chip' khusus yang terkoneksi ke box kunci. Jika indikator ini muncul, berarti 'chip' kunci rusak. Kalau ada, pakailah kunci cadangan duplikat dari pabrikan mobil, tapi tetap harus membawa mobil ini ke bengkel untuk memperbaiki kerusakannya.


    Mesin

    Normalnya, saat kunci diputar ke posisi ON, lampu indikator ini akan menyala. Setelah mesin distarter, lampu indikator akan mati. Namun, jika mesin sudah menyala, tapi lampu indikator 'check engine' ini masih menyala, berarti ada masalah pada mesin dan harus segera dicek.


    SRS Airbag

    Jika lampu indikator gambar orang duduk memangku bulatan ini menyala, berarti mobil sudah dilengkapi dengan airbag. Fungsi airbag untuk melindungi penumpang ketika terjadi tabrakan. Namun, jika indikator ini menyala terus, berarti terjadi malfungsi pada sistem airbag mobil. Segera perbaiki, jangan terlalu percaya diri tidak akan mengalami tabrakan, utamakan keselamatan. [spn]


    sumber foto: net
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu" (QS Al Baqarah: 45)

    Berita Terbaru

    Kesehatan

    +