• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Pertamina Berjibaku Bersihkan Sisa Minyak Tumpah di Pesisir Karawang

    Kamis, 22 April 2021

    KARAWANG, Progresif.id – Merespon sisa kebocoran minyak di pesisir pantai Desa Cemarajaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Rabu malam (21/4/2021), Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) melakukan penanganan cepat membersihkan area pantai pesisir tersebut.

    Didukung bantuan masyarakat, PHE ONWJ berjibaku mengumpulkan sisa kebocoran menggunakan 'dust bin' khusus, setelah sebelumnya telah dilakukan beberapa upaya meminimalisir dampak atas kebocoran pipa di sekitar area 'offshore' BZZA PHE ONWJ.

    Manager Communication Relations & CID, Hari Setyono menjelaskan, sebelumnya PHE ONWJ telah mengerahkan beberapa kapal untuk melakukan pembersihan sisa kebocoran minyak, pengamanan serta perbaikan pipa di lokasi kejadian dan di area laut lokasi sisa kebocoran berada.

    Pemantauan terus dilakukan melalui laut dan udara mengikuti 'trajektori' Model Tumpahan Minyak (Motum), termasuk fasilitas produksi PHE ONWJ dan area potensial lainnya. Berdasarkan pantauan tersebut, PHE ONWJ melakukan upaya eliminasi sisa kebocoran minyak dengan mengerahkan kapal-kapal untuk melakukan pembersihan.

    "Sisa kebocoran kami kejar dan lakukan eliminasi di perairan, untuk kegiatan ini kami mendapat support penuh dari nelayan yang berkeinginan untuk terlibat dalam pembersihan. Tentu kami sambut baik dan akan bekerjasama dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan kerja," jelas Hari.

    Komunikasi dan koordinasi dilakukan PHE ONWJ dengan SKK Migas, Ditjen Migas, KLHK, DLHK kabupaten, KSOP Kepulauan Seribu dan instansi lainnya dalam penanganan sisa kebocoran minyak ini. Beberapa instansi melakukan 'flyover' pengecekan sebagai upaya penanganan sisa kebocoran.

    Insiden kebocoran pipa terjadi pada 15 April 2021, langsung ditangani secara cepat dengan penutupan pipa,  sehingga aliran minyak dapat dihentikan. Kebocoran berhasil ditangani dan PHE ONWJ langsung melakukan perbaikan, dipastikan saat ini tidak ada kebocoran pipa lagi. [rls/spn]
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +