-->

Iklan

Di Karawang Harga Bawang Putih Mulai Melonjak

Selasa, 11 Februari 2020

KARAWANG- Bawang putih impor di sejumlah Pasar Karawang, Jawa Barat mengalami kenaikan. Harga bawang putih di Karawang mencapai Rp55.000 perkilogram sejak pekan lalu.

Kepala Dinas Pangan Kabupaten Karawang, Kadarisman mengungkapkan berdasarkan hasil pemantauan petugas enumerator harga di enam pasar tradisional di Karawang harga bawang putih  mencapai Rp 55.000 perkilogram.

"Kami hitung rata-rata harga bawang putih mengalami kenaikan Rp 5.000 perkilogram," ujarnya, Selasa (11/2/20)

Kenaikan itu dipicu karena penutupan impor bawang putih dari negara Tiongkok karena dampak mewabahnya virus corona.

Kadarisman juga mengungkapkan kenaikan lain juga terjadi pada komoditas cabai rawit merah Rp 75.000 perkilogram, cabai merah keriting Rp 57.000 perkilogram.

"Kalau ini memang karena pasokan dari petani ke pasar-pasar Karawang kurang," ucapnya.

Sementara itu Umi Siti seorang pedagang sayur di Pasar Baru Karawang memprediksi harga bawang putih akan berangsur turun, kendati penurunan harga masih relatif kecil.

"Saat ini masih Rp50.000 perkilogram. Tetapi tadi ada yang sudah nawarin harga bawang putih dari distributor kepada saya, kemungkinan besok turun. Harganya paling turun jadi Rp 45.000 perkilogram," pungkasnya. (Swd)




Kolom netizen

Buka kolom netizen

Lentera Islam


 "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur'an dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya" (Al Qur'an, surat Al Hijr: 9)

Berita Terbaru

Opini

+