Iklan

300 Guru PAUD Dilatih Senam Ceria 3

Rabu, 13 Desember 2017
KARAWANG, KarawangNews.com - Rabu (13/12/2017) pagi, sebanyak 300 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kabupaten Karawang mengikuti Pelatihan Calon Pelatih Senam Ceria 3 yang dilaksanakan Bidang PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang.

Para guru PAUD yang didampingi Penilik PAUD dan Dikmas ini melakukan senam bersama mengikuti instruktur senam usia dini, Impact Indonesia, yang dipandu oleh Catherine Eva Aza dari Jakarta. Gerakan senam ini sistematika, dari kepala hingga kaki dengan menggabungkan motorik dasar.

Kepala Bidang PAUD dan Dikmas, Amid Mulyana SE mengatakan, 300 guru yang dilatih senam ini berkewajiban mengajarkan lagi kepada guru-guru PAUD lainnya di tiap gugus dan zona. Setelah latihan ini, pelatih senam ceria 3 akan membuat jadwal latihan. Tercatat, ada 1.500 lembaga PAUD se-Kabupaten Karawang.

Kata Amid, latihan senam ceria 3 ini dalam upaya meningkatkan kapasitas pendidik PAUD, sebab pendidikan tidak akan lepas dari anak-anak usia dini, sebelum mereka beranjak ke pendidikan selanjutnya.

Pemerintah Berupaya Mensejahterakan Guru

Saat ini, pemerintah menuntut guru untuk memenuhi kualifikasi dan kompetensi, timbal baliknya pemerintah berupaya mensejahterakan para guru. Meski, saat ini di Dapodik, semua guru PAUD di Karawang belum 50 persen lulusan S1.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang sangat peduli, tiap tahun bertahap ada peningkatan uang honor untuk guru," jelasnya.

Kepala Disdikpora Karawang, H. Dadan Sugardan menjelaskan, guru yang mengajar di lembaga PAUD memang harus menjadi sarjana PAUD. Terlebih, Presiden Jokowi sangat memperhatikan guru PAUD. Ditambah perhatian dari pemerintah daerah.

"Tiap tahun ada peningkatan (honor, red) guru PAUD, saya harap, selain jumlahnya banyak, guru harus berkualitas, apalagi ditunjang oleh para pemilik yang membina tiap kecamatan," kata Dadan.

Melalui senam ceria ini, sambung Dadan, para guru PAUD yang dilatih ini bisa menjadi pelatih bagi guru lainnya dan tetap mengembangkan kompetensinya, agar anak didik PAUD menjadi generasi emas di masa yang akan datang. (spn)
Kolom netizen

Buka kolom netizen

Lentera Islam


 "Dari Anas bin Malik RA, ia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa menjadikan akhirat tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kekayaannya di dalam hatinya. Dia akan mengumpulkan segala urusannya yang tercerai berai, dan dunia datang padanya dalam keadaan hina. Dan barang siapa menjadikan dunia tujuannya (niatnya), niscaya Allah akan menjadikan kefakiran berada di depan matanya. Dia akan mencerai-beraikan segala urusannya yang menyatu, dan tidak datang kepadanya dari dunia kecuali sekadar yang telah ditakdirkan baginya." (HR. Tirmidzi)

Berita Terbaru