• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Pekan Pancasila, GMNI Karawang Gelar Pesantren Anak Jalanan

    Jumat, 02 Juni 2017
    KARAWANG, KarawangNews.com - Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Karawang melalui Badan Pendidikan dan Pelatihan menggelar Pesantren kilat 25 anak jalanan Sekolah Djoeang asuhan GMNI Karawang di GOR Panatayuda, Kamis (1/6/2017) sore.

    Ketua DPC GMNI Karawang, Muhammad Azmi menjelaskan, sudah beberapa tahun terakhir ini GMNI konsen membina anak-anak jalanan di wilayah Karawang kota, kemudian pada Maret 2017 Badan pendidikan dan Pelatihan GMNI secara resmi mendirikan Sekolah Joeang sebagai wahana bagi para kader GMNI untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dalam pendidikan.

    "Sebetulnya mengajar anak jalanan memang agenda rutin kami, karena ada wadahnya. Hanya kebetulan kali ini momentum Hari Lahir Pancasila bertepatan dengan Bulan Ramadhan," ungkapnya.

    Dijelaskannya, kegiatan pesantren kilat anak jalanan ini berlangsung selama pekan Pancasila yang sebelumnya secara resmi diawali pada tanggal 1 Juni, kemudian dibuka langsung oleh Ketua Persatuan Alumni GMNI Jawa Barat, Abdy Yuhana SH.MH. yang merespon baik kegiatan tersebut.

    "Kami sedang belajar menginsyafi nilai-nilai pancasila, bahwa pancasila itu sudah waktunya dipraktekan, bukan melulu diseminarkan, kegiatan ini pun berlangsung atas swadaya semua kader dan para alumni yang mendukung moril maupun materil," jelas Azmi.

    Sementara, selama pesantren anak jalanan ini berlangsung, masing-masing kader GMNI secara bergantian memberikan materi-materi keagamaan yang dibawakan secara santai kepada para anak jalanan, supaya anak-anak jalanan ini bisa lebih memahami materi agama. Kegiatan ini berlangsung setiap hari selama pekan Pancasila sejak jam 3.00 WIB hingga berbuka puasa bersama.

    "Ta'jil, makanan dan uang jajan alhamdulillah kita siapkan hasil patungan dari semua kader dan juga alumni GMNI, ini supaya teriakan-teriakan untuk rakyat tidak hanya menjadi jargon saja, tapi kongkret ada hal yang kita lakukan," ucapnya. (rls/spn)
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +