• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    SMK Ristek dan Perbankan Punya Ekskul Angklung

    Sabtu, 12 November 2016
    KARAWANG, KarawangNews.com - Dua sekolah yang bernaung dalam satu Yayasan Gema Cendikiawan Indonesia (YCGI), SMK Ristek dan SMK Perbankan Indonesia Karawang mulai tahun ini punya ekskul angklung.

    "Jangan sampai orang lain kembangkan angklung, tetapi kita sendiri tidak tahu, UNESCO saja menyatakan angklung sebagai budaya dunia," kata Kepala SMK Perbankan Indonesia, Bambang Pranowo, Sabtu (12/11/2016) siang.

    Selain angklung, ekskul ini pun memiliki alat musik arumba, yang dipadukan dengan angklung. Alat musik Jawa Barat ini akan mewarnai ekskul musik modern yang telah dimiliki SMK Ristek dan SMK Perbankan Indonesia.

    "Kita semua tahu, kesenian angklung masih bisa bertahan dan berkolaborasi dengan alat musik modern saat ini," ucapnya.
    Pada Sabtu siang itu, dua sekolah tersebut melakukan syukuran dengan tumpeng nasi kuning, sebagai tanda ekskul angklung resmi jadi bagian pembelajaran sekolah.

    Kata Bambang, potong tumpeng ini bentuk rasa syukur bisa menghadirkan sebuah proses pembelajaran yang memanfaatkan kearifan lokal.

    Harapannya, selain siswa bisa belajar dan berlatih mengetahui tentang budaya lokal ini, juga bisa bangga menunjukan pada dirinya dan bertanggungjawab pada warisan budaya, juga berprestasi melalui angklung ini. (spn)
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +