• Jelajahi

    Copyright © Progresif.id - Berita Inspiratif
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    SMK Ristek dan Perbankan Punya Ekskul Angklung

    Sabtu, 12 November 2016
    KARAWANG, KarawangNews.com - Dua sekolah yang bernaung dalam satu Yayasan Gema Cendikiawan Indonesia (YCGI), SMK Ristek dan SMK Perbankan Indonesia Karawang mulai tahun ini punya ekskul angklung.

    "Jangan sampai orang lain kembangkan angklung, tetapi kita sendiri tidak tahu, UNESCO saja menyatakan angklung sebagai budaya dunia," kata Kepala SMK Perbankan Indonesia, Bambang Pranowo, Sabtu (12/11/2016) siang.

    Selain angklung, ekskul ini pun memiliki alat musik arumba, yang dipadukan dengan angklung. Alat musik Jawa Barat ini akan mewarnai ekskul musik modern yang telah dimiliki SMK Ristek dan SMK Perbankan Indonesia.

    "Kita semua tahu, kesenian angklung masih bisa bertahan dan berkolaborasi dengan alat musik modern saat ini," ucapnya.
    Pada Sabtu siang itu, dua sekolah tersebut melakukan syukuran dengan tumpeng nasi kuning, sebagai tanda ekskul angklung resmi jadi bagian pembelajaran sekolah.

    Kata Bambang, potong tumpeng ini bentuk rasa syukur bisa menghadirkan sebuah proses pembelajaran yang memanfaatkan kearifan lokal.

    Harapannya, selain siswa bisa belajar dan berlatih mengetahui tentang budaya lokal ini, juga bisa bangga menunjukan pada dirinya dan bertanggungjawab pada warisan budaya, juga berprestasi melalui angklung ini. (spn)
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    “Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat spesial, hari demi harinya, jam demi jam, menit demi menit bahkan detik demi detiknya sangat spesial. Semoga bulan ini benar-benar menggugah dan mengubah diri kita menjadi hamba yang benar-benar yakin kepada Allah, dan menjadi hamba yang penuh manfaat bagi makhluk-makhluk Allah lainnya. Selamat menikmati jamuan Allah di bulan Ramadhan ini dan semoga kita bisa benar-benar menjadi orang yang haqqul yaqin kepada Allah serta terpilih menjadi orang yang beruntung di bulan yang Suci ini' [Aa Gym]

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +