Iklan




Kampung Tajur Purwakarta Masuk 100 Besar Desa Wisata Indonesia

Selasa, 24 Agustus 2021

Foto net.

Progresif.id
- Kampung Tajur yang berlokasi di Desa Pasanggrahan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat dinyatakan sebagai desa wisata berkembang dan masuk dalam kategori 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.


Hal itu dinyatakan dalam event ADWI 2021 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf). 


Kabid Pariwisata, Acep Yulimulya menyatakan, proses untuk menjadi peserta anugerah desa wisata itu memakan waktu yang cukup lama.


"Di Purwakarta, hanya satu desa yang dinyatakan sebagai desa wisata berkembang dan mendapatkan ADWI 2021, untuk desa wisata lainnya yang ada di Purwakarta masih masuk kategori desa wisata rintisan," kata Acep, Sabtu (21/8/2021).


Menurutnya, proses pendaftaran ajang ADWI 2021 itu dimulai pada Februari 2021 lalu, kemudian pengisian beberapa form yang diisi sesuai dengan kondisi eksisting, melalui portal Jejaring Desa Wisata (Jadesta 2021).


"Setelah itu, akan terlihat desa wisata yang kita daftarkan masuk di kategori desa wisata apa? Lalu, setelah proses entry data maka mulai dilaksanakan pembukaan kompetisi oleh kementerian," jelasnya.


Disebutkan Acep, ada sekitar 70 ribu desa wisata se-Indonesia masuk sebagai peserta ADWI 2021, kemudian disaring menjadi 300 dan disaring lagi menjadi 100 desa. 


"Finalnya sekitar Oktober 2021 nanti," ucap Acep.  [rls/spn]

Kolom netizen >>>

Buka kolom netizen

Lentera Islam


"Seandainya anak cucu Adam mempunyai harta sepuluh lembah, tentu dia masih ingin memiliki yang ketiga. Padahal yang mengisi perut anak cucu Adam itu hanyalah tanah". (HR. Muslim)

Berita Terbaru

Kesehatan

+