• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Kang Uu Canangkan Tanam 50 Juta Pohon

    Kamis, 29 Oktober 2020


    CIANJUR, Progresif.id
    - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menghadiri acara Kolaborasi Gerakan Tanam dan Pelihara 50 Juta Pohon (GTPP) di Desa Pakuon, Kabupaten Cianjur, Rabu (28/10/2020) siang. 


    Disebutkan Kang Uu, sekitar 3.000 batang pohon ditanam di lahan seluar 144,6 hektare, tujuannya memberikan nilai tambah untuk perekonomian masyarakat sekaligus konservasi. 


    Pohon yang ditanam berjenis kayu manis dan kayu Afrika, jenis pohon tersebut dipilih agar masyarakat dapat memanfaatkannya lima tahun kedepan. 


    Kata dia, dengan penanaman pohon, lingkungan terjaga dan penanaman pohon harus ditanamkan kepada anak sejak Sekolah Dasar.


    "Salah satunya diberi pemahaman terkait manfaat pohon bagi kehidupan," kata Kang Uu. 


    Menurutnya, manusia berperan penting menjaga ekosistem lingkungan, hal itu akan menjadi penentu keadaan lingkungan pada masa yang akan datang. 


    Diakuinya, air di sungai mengalir, pohon -pohon tumbuh, manusia hidup semuanya merupakan kemaslahatan yang dihadirkan Allah SWT. 


    "Ada kerusakan satu saja akan berakibat pada hal-hal lain," jelasnya.


    Di tempat sama, Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Cianjur, Dudi Sudradjat Abdurachim mengatakan, gerakan penanaman pohon sebagai upaya melestarikan lingkungan, juga untuk mencegah potensi bencana alam, seperti longsor dan banjir.


    "Maka kita budayakan menjaga dan merawat lingkungan, masyarakat harus paham pentingnya menjaga lingkungan. Insya Allah ekosistem terjaga," kata Dudi.


    Kata dia, gunung lautan sumber kehidupan sat ini dan masa depan. Maka, dengan ekosistem baik, air bersih akan mengalir dan higienis dan udara pun bersih. 


    "Jika kita tidak bijak memperlakukan alam, sudah tentu bencana terjadi," paparnya.


    Sementara itu, Sekretaris Komisi I DPR Daerah Provinsi Jabar, Sadar Muslihat berharap, program penanaman 50 juta pohon tidak hanya berfungsi sebagai konservasi, tetapi juga dapat menggerakkan ekonomi masyarakat. 


    Dengan begitu, Gerakan Tanam dan Pelihara 50 Juta Pohon (GTPP) ini Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menggandeng pihak swasta.


    Salah satu perwakilan pihak swasta yang hadir dalam penanaman pohon tersebut, Zaidan Effendi mengatakan, pihaknya berkomitmen turut serta menyukseskan GTPP. 


    "Setiap tahun kita selalu agendakan untuk melakukan penghijauan, setiap kegiatan yang dilakukan dikoordinasikan dengan dinas terkait," kata Zaidan.


    Dia berharap, yang dilakukannya ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan, juga bagi generasi yang akan datang.


     

    HUMAS JABAR


    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +