• Jelajahi

    Copyright © Berita Inspiratif Progresif.id
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    Prof. Dr. Sri Mulyani Terpilih Sebagai Rektor Unsika

    Sabtu, 18 April 2020
    Prof. Dr. Sri Mulyani 
    KARAWANG, Progresif.id - Selain Rektor ITB dan Unpad, kini giliran Unsika Karawang yang memiliki rektor perempuan pertama, yaitu Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA. Pada pemilihan Rektor Unsika yang digelar secara daring, Kamis (16/4/2020) kemarin, Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak, CA berhasil meraih suara dominan sebanyak 35 suara, disusul kandidat Dr. Sulistio Purnomo Sidik meraih suara 13, dan kandidat terakhir Dr. Didin Wahidin, M.Pd meraih 3 suara.

    Dari hasil pemilihan tersebut, Senat Unsika melalui sidang pleno tertutup, kemudian menetapkan Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA sebagai Rektor Unsika terpilih Periode 2020-2024.

    Selain menetapkan calon rektor terpilih, Senat Unsika mengirimkan berkas laporan berita acara pemilihan rektor Unsika kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

    Dijelaskan Ketua Komisi A Bidang Akademik Senat Unsika Karawang, Dr. Eka Yusup, M.I.Kom, pemilihan rektor secara virtual, dipilih sebagai alternatif paling tepat melaksanakan demokrasi kampus di tengah pandemi Covid-19.

    Ini pilihan terbaik sesuai dengan anjuran dari Kemendikbud untuk melaksanakan Pilrek dengan menggunakan e-voting atau pemilihan elektronik, hasilnya pemilihan berjalan lancar dan sangat baik.

    "Semua kawan-kawan anggota senat Unsika dapat hadir secara online," kata Eka Yusuf, ketika dikonfirmasi usai memberikan hak suaranya.

    Seperti diketahui, pemilihan rektor di Unsika dilakukan secara dua tahap, pada pemilihan tahap 1 dilakukan Senin (16/3/2020) lalu.

    Pada pemilihan tahap 1 terdapat lima orang Bakal Calon Rektor yang bersaing, diantaranya, pertama Dr. Didin Wahidin, M,Pd, yaitu mantan Direktur Belmawa Dikti Kemendikbud. Kedua, Prof. Dr. H. Munir., M.IT, menjabat Dekan Fasilkom Unsika dan mantan Direktur TIK UPI Bandung.

    Kemudian ketiga, Prof. Dr. Mas Yedi Sumaryadi, MS dariUniversitas Jenderal Soedirman. Keempat, Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA dari Universitas Padjadjaran dan kelima yaitu Dr. Sulistio Purnomo Sidik, yakni Wakil Rektor 1 Unsika.

    Pada hasil pemilihan tahap 1, terdapat tiga nama bakal calon rektor yang lolos meraih suara tertinggi, yaitu Dr. Sulistio Purnomo Sidik memperoleh 10 suara, Prof. Sri Mulyani, Ak., CA memperoleh 9 suara dan Dr. Didin Wahidin, M.Pd memperoleh 7 suara.

    "Ketiga bakal calon yang lolos di pemilihan tahap 1 itulah yang kemudian maju pada pemilihan tahap 2 atau pemilihan akhir pada Kamis (16/4/2020) kemarin," ujar Eka.

    Bedanya, sambung Eka, pada pemilihan rektor tahap 1 belum ada suara tambahan dari Kemendikbud. Jadi total suara yang masuk pada pemilihan tahap 1 itu murni suara internal dari seluruh anggota Senat Unsika yang berjumlah 33 orang.

    Namun, pada pemilihan tahap 2, sudah ada suara tambahan dari kemendikbud sebanyak 18 suara. Jadi komposisinya 65% suara dari anggota senat Unsika atau 33 suara dan 35% atau 18 suara dari Kemendikbud.

    "Memang komposisi raihan suara yang mengacu kepada aturan dari Kemendikbud seperti itu," ujar Eka.

    Di tempat terpisah, Rektor Unsika terpilih, Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak, CA menyampaikan apresiasi sedalam-dalamnya atas terpilihnya menjadi Rektor Unsika Periode 2020-2024. Ia mengcucapkan terima kasih kepada Rektor Unsika periode sebelumnya Prof. Dr. Wahyudin Zarkasyi.

    "Pak Rektor Prof Zarkasyi itu yang meletakan pondasi organisasi Unsika ketika status Unsika berubah menjadi PTN dengan mekanisme Satuan Kerja (Satker) dari Kemendikbud," ujar Prof. Dr. Sri Mulyani, CA, ketika dihubungi Jumat (17/4/2020).

    Dia juga mengapresiasi dedikasi dan perjuangan rektor sebelumnya, juga kepada semua anggota Senat Unsika dan seluruh Panitia Pilrek Unsika yang sudah dengan totalitasnya menyelenggarakan agenda pemilihan, sehingga semuanya berjalan kondusif, lancar dan memegang teguh semangat dan prinsip demokratis.

    Terpilihnya menjadi Rektor Unsika, menurut Prof Sri, yang sebelumnya menjabat Ketua Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran ini, ia bertekad melakukan transformasi Unsika sebagai PTN baru di Jawa Barat yang mampu bersaing di tingkat nasional dan regional.

    Dia menyatakan, seperti yang dia disampaikan dalam pemaparan visi misi menjelang pemilihan tahap 1, salah satu strategi yang akan dilakukan dalam pengembangan implementasi merdeka belajar kampus merdeka sejalan dengan tag line FIGUR, yaitu Financial Independence Innovation, Good University Governance, Unity in Diversity and Respect Herritage.

    Point-point penting inilah yang akan dia jalankan sesuai dengan apa yang disampaikan di hadapan seluruh Anggota Senat Unsika ketika penyampaian visi misi sebulan yang lalu.

    "Point-point inilah yang menjadi PR besar saya untuk Unsika sekaligus mempercepat perubahan status Unsika menjadi PTN Badan Layan Umum (BLU)," ujarnya.

    Menurut informasi dari panitia Pilrek Unsika, agenda pelantikan rektor terpilih akan segera dilakukan Mendikbud, dengan waktu pelantikan menunggu kepastian dari pihak Kemendikbud.

    Senat Unsika berharap secepatnya agenda pelantikan Rektor Unsika terpilih segera dilakukan Kemendikbud. Kini pihak Unsika masih menunggu informasi yang pasti soal rencana atau waktu pelantikan dari panitia Pilrek. (rls/spn)
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    "Jika engkau mengikuti (kemauan) kebanyakan orang (kafir) di bumi ini (dalam urusan agama), niscaya mereka akan menyesatkan dari jalan Allah. Mereka hanya mengikuti persangkaan belaka dan mereka hanyalah kebohongan" (Q.S Al-An'am Ayat 116)

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +