• Jelajahi

    Copyright © Progresif.id - Berita Inspiratif
    Berita aktual tepercaya

    Kanal Video

    1.318 Ton Limbah Minyak Diangkut dari Pantai Karawang

    Senin, 19 Agustus 2019
    KARAWANG, KarawangNews.com - Hingga 10 Agustus 2019 kemarin, 'oil spill' atau tumpahan minyak Pertamina di pesisir pantai utara Karawang yang sudah diangkut sebanyak 1.318 ton, limbah minyak yang bercampur pasir pantai itu dikirim ke dua perusahaan untuk didaur ulang.

    Hal itu dijelaskan Kepala DLHK Karawang, Wawan Setiawan, Senin (19/8/2019) siang, pembersihan oil spill di sepanjang pantai hingga hari ini masih terus dilakukan petugas Pertamina.

    Kata dia, tumpahan minyak akibat kebocoran di sekitar anjungan Lepas Pantai YYA-1 area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (ONWJ) beberapa waktu lalu ini masih diuji lab di EOS Bogor. Pihaknya menguji udara dan air di sekitar pantai yang kena dampak tumpahan minyak itu.

    DLHK Karawang tidak hanya fokus kepada minyak tumpahan Pertamina, di lab itu juga ditelisik asal usul dan kesamaan jenis minyak Pertamina yang tumpah ke laut, sebab dikhawatirkan ada pihak lain yang sengaja membuang limbah di tengah situasi bocornya pipa minyak Pertamina.

    "Untuk jenis materinya masih dalam uji lab yang terakreditasi, ini belum selesai," ujarnya.

    Akibat pencemaran laut ini, kata Wawan, sebanyak 232.000 pohon mangrove di sepanjang pesisir laut Karawang akarnya sudah kena tumpahan minyak, tetapi belum diketahui berapa pohon yang mati, sebab dampak terhadap mangrove bisa diketahui sekitar tiga bulan kemudian.

    "Jika dilihat kondisinya, limbah minyak ini sudah sangat membahayakan mangrove," jelasnya. (spn)
    Kolom netizen >>>

    Buka kolom netizen

    Lentera Islam


    “Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat spesial, hari demi harinya, jam demi jam, menit demi menit bahkan detik demi detiknya sangat spesial. Semoga bulan ini benar-benar menggugah dan mengubah diri kita menjadi hamba yang benar-benar yakin kepada Allah, dan menjadi hamba yang penuh manfaat bagi makhluk-makhluk Allah lainnya. Selamat menikmati jamuan Allah di bulan Ramadhan ini dan semoga kita bisa benar-benar menjadi orang yang haqqul yaqin kepada Allah serta terpilih menjadi orang yang beruntung di bulan yang Suci ini' [Aa Gym]

    Berita Terbaru

    infrastruktur

    +